Kamis, 08 Oktober 2009

MEMBERIKAN SANGGAHAN PENDAPAT 0910 KELAS XII IPA 5

Memberikan tanggapan, sanggahan, saran, kritik, dan usul merupakan segmentasi pragmatik keterampilan berbicara dalam berbahasa, meski dimensi pokok tertentu memiliki aspek yang berbeda. Namun, di sisi spesifikasi, aspek keterampiulan tersebut amat berguna dan memberikan pelatihan bagi pembelajar dan mengasah dan melatih kerangka berpikir demi kemajuannya yang akan berm,anfaat di kemudian hari. Menyikapi secara kritis suatu pendapat atau opini, bahkan mungkin informasi yang didengar, dilihat, dan dibaca dalam era informasi seperti sekarang, adalah langkah cerdas dan bijak dalam menyikapi suatu informasi.

Adalah keteledoran bila kita langsung menerima suatu informasi dari siapa pun tanpa memiliki pemikiran berjarak kritis lantas menentukan langkah berikutnya, diterima atau tidak, berapa persen diterima atau ditolak, segmen mana yang biusa diterima dan bagian mana yang ditolak, dan seterusnya. Kejelian dan klecerdikan seperti amat diperlukan, terutama bagi kalian yang fase berikutnya harus memasukli komunitas ilmiah akademis. Oleh sebab itu, gunakan media ini sebagai sarana berlatih sebagaimana ditentukan oleh guru. Silakan berlatih!

WACANA

1. Indonesia Masih Berorientasi Pancasila?
Oleh muthofar - 13 Oktober 2009

Ternyata yang namanya HAM Amerika Serikat juga memberikan jalan untuk gay hidup sebagai gay yang memiliki kelainan orientasi seks. Kaum gay, lesbian adalah kaum yang dulu pada zaman Nabi Luth dihancurkan karena kaum tersebut tidak menghentikan aktifitasnya.

Presiden Obama yang memiliki ayah seorang muslim, memiliki nama Husein telah membuka ijin pada kaum gay masuk militer AS. Tidak hanya itu presiden Amerika Serikat mendukung dan mengijinkan pencabutan larangan manusia yang gay masuk di militer. Sehingga dengan pencabutan larangan itu manusia gay diberikan kesempatan yang sama dimiliter AS menjadi anggota militer meskipun berperilaku seks menyimpang.

Negara Indonesia sekarang banyak berorientasi kepada Amerika, apalagi pemenang pemilu di Amerika dan Indonesia dari partai yang sama yaitu partai Demokrat. Apakah partai demokrat Indonesia sama dengan partai demokrat Amerika? Ada yang menjawab jika perlu partai demokrat dimana saja adalah sama. SBY harus menjawab sebagai Presiden RI bukan sebagai anggota Partai Demokrat ataupun pribadi.

Pertanggungjawabkan apa yang telah disampaikannya di Amerika Serikat hingga Presiden Obama sekarang membuka ijin kaum gay masuk militer kepada rakyat Indonesia. Obama dielu-elukan sebagai anak Menteng, anak yang pernah sekolah di Indonesia, pertanggungjawabkan apa yang dilakukan Obama sekarang para pendukung Obama di Indonesia.

Sungguh, pemerintah tidak memberikan respon atas pernyataan Presiden Obama mencabut larangan manusia gay memasuki militer atau mendapatkan hak untuk hidup sebagai gay. Manusia gay menuntut seperti halnya yang manusai tidak gay dapatkan. Manusia gay menuntuk hidupnya dilegalkan sebagai manusia gay.

Pemerintah dengan dasar Pancasila di Indonesia tidak menanggapi pencabutan larangan manusia gay hidup sebagai gay di militer dan juga sebagai sipil di Amerika.
Siapapun mengetahui bahwa islam agama yang melarang manusia laki-laki menikah dengan manusia laki-laki, agama islam juga melarang manusia perempuan menikah dengan manusia perempuan.

Siapa yang mengira bahwa ternyata Pancasila tidak memiliki keberanian seperti Islam dalam melarang manusia gay. Saya yakin Indonesia akan lebih mendapatkan selamat dan sejahtera dari Allah swt dengan Islam. Hak Asasi Manusia yang diperjuangkan di Amerika adalah salah, seharusnya HAM itu dilihat dari agama islam. Sebagai seorang muslim saya tidak menerima HAM Amerika diterapkan di Indonesia.
Apa gunanya Presiden SBY di negara Amerika mengatakan Indonesia adalah negara muslim terbesar? Sekarang waktunya Indonesia menyatakan bahwa Indonesia adalah negara muslim berdasarkan agama islam.

Jangan mengatakan sebagai negara muslim terbesar namun masyarakatnya dijejali HAM Amerika. Jangan lagi mengelabuhi kesenangan muslim Indonesia dengan hanya sebutan sebagai bagian dari negara Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar jumlah umat islamnya.

Republik Indonesia harus sekarang berani menolak HAM Amerika, Republik Indonesia harus sekarang menolak ajakan Amerika yang akan berdekatan dengan dunia islam. Ingat islam bukan dunia, islam adalah agama. Jangan menghambakan diri pada Amerika, jangan menghambakan diri pada penguasa Amerika. Penguasa Amerika sudah jelas mendukung manusia gay yang menjalankan aktifitasnya menikah wanita dengan wanita, laki-laki dengan laki-laki dilegalkan.

Indonesiaku tidak boleh meniru apalagi mengikuti Amerika Serikat yang dipimpin Baraq Husein Obama.

2. Bercinta Pun Takut Dibilang Salah
Oleh Mariska Lubis - 13 Oktober 2009

ISTRI saya cuannnnantiiiiik sekali. Bener, deh! Suer!!! Cantik!!! Dipuja banyak pria maupun wanita. Pintar pula. Ibadahnya pun sangat luar biasa. Di mata banyak orang dia adalah sosok perempuan ideal. Anehnya, kok, sulit, ya, buat saya untuk bercinta dengannya? Takuuuuuttttt banget, deh!!! Takut dibilang salah!

Saya sendiri kadang-kadang bingung. Nafsu, sih, nafsu!!! Suami mana yang nggak tergoda melihat tubuh indah molek berbaring di atas tempat tidur. Tapi begitu dia mengucap satu kata saja… nafsu itu hilang lari terbirit-birit ditelan angin malam. Dia, kok, bisa tiba-tiba berubah jadi kuntilanak, ya? Iiihhhhhhhh! Seraaaaammmmmm!

Yah, nggak usah gitu, deh! Kadang-kadang pulang kerja, makan malam, terus maunya, kan, nonton teve sambil ngobrol yang enak-enak. Santai-santailah. Tapi entah kenapa, bawaannya jadi nggak enak terus. Ada saja kejelekan dan keburukan orang lain yang diceritakannya. Tidak pernah, tuh, ada orang yang baik dan pintar di matanya. Semuanya jellleeeeekkkkk!!! Bodooooohhhhhh!!!! Kecuali yang mendukung dan memujinya, ya!!! Malas dengarnya juga!!! Diam salah, komentar salah juga. Mendingan buru-buru ngacir! Alasan banyak kerjaan atau capek. Beres, deh! Tinggal nunggu kelanjutannya besok pagi saja. Gimana besok, deh!

Sama nggak, ya, perasaan saya dengan suaminya Ratu Elizabeth atau si tangan besi Margareth Teacher? Saya yang kalah “set” duluan apa saya memang bodoh, ya? Kalau dipikir-pikir, kan, mana mungkin ada perempuan pintar yang mau dengan pria bodoh. Pasti milih-milihlah!!! Saya memang nggak bodoh, kok. Perasaan saya, lho!!! Saya cuma bingung saja.

Istri saya ini mempunyai kebiasaan yang menurut saya sangat menakutkan. Agresif, difensif, dan sangat berambisi. Waaahhh!!! Kalau harus ngikutin dia terus, bisa-bisa kerjaan saya justru terbengkalai. Bisa gila juga!

Dia senang sekali menyerang orang-orang yang dia anggap sebagai musuh atau lawan. Padahal, saya tahu banget, kalau mereka yang diserang itu seringkali tidak melakukan apapun terhadap dirinya ataupun orang lain. Malah banyak pula justru yang berniat baik terhadap dirinya. Kalau dikritik, weleh-weleh… minta ampun, deh!!! Siapa berani mengkritik akan menuai amarah dan caci-maki. Dan demi ambisinya tercapai, dia rela, tuh, melakukan berbagai perbuatan yang saya sendiri menganggapnya “jahat” dan “tidak etis”. Wajar nggak, sih, kalau saya takut???? Please, help!

Saya juga merasa semakin tidak berdaya karena saya merasa gagal menjadi imam dan kepala keluarga. Saya takut kalau sampai suatu hari nanti istri saya kenapa-kenapa atau dikenapa-napain orang. Anak-anak dan keluarga lainnya juga sudah sepertinya bingung dan tak berdaya menghadapinya. Rasa-rasanya, saya mengalami depresi akut. Sampai-sampai…, “adik” kecil saya ini tidak bisa berdiri lagi alias impoten. Bagaimana, dong.

Ada yang merasa sama seperti pria ini??? Hehehe… kalau pun ada jarang, ya, yang terus bisa sampai impoten. Paling cuma impoten rumahan doang!!! Di luar, sih, uhuy!!! Soalnya, dah keburuan cari simpanan yang lain!!! Yaahhhh, daripada tidak terlampiaskan…, mendingan mendingan, deh!!! Iya, kan?? Ngaku, deh!

Menurut saya, melihat dari gejala istri seperti itu, dia termasuk orang yang memiliki kelainan jiwa. Obsesive compulsive!!! Obses terhadap dirinya yang dianggapnya hebat, pintar, luar biasa, sehingga bila ada yang tidak menganggapnya demikian, dia pasti akan menjadi sangat difensif. Apalagi bila pada kenyataannya, dia memang tidak demikian. Semakin menjadi-jadi, deh! Agresifnya jadi semakin gencar dan semakin berani pula. Di dalam otak dan pikirannya, hanya ada dia, dia, dan dia. Tidak ada yang lain yang lebih hebat dari dirinya.

Biasanya hal ini terjadi pada mereka, baik perempuan ataupun pria, yang ingin sekali menutupi apa yang sebenarnya merupakan kekurangan mereka. Contohnya saja, misalnya dia dulu senang berpakaian dan berpose seksi. Makanya, lalu kemudian dia berubah 180 derajat dan mencoba membuat orang lain berpikir bahwa dia telah tobat dan telah menjadi orang yang sholeh. Dia juga takut dibilang bodoh, sehingga serentetan gelar yang diambilnya itu, tujuannya bukan mencari ilmu, tetapi memang ingin dianggap pintar.

Sementara kepintarannya itu sendiri sebenarnya patut dipertanyakan. Hmmm….
Sulit sekali memang untuk menghadapi kenyataan yang ada seperti ini. Rasa bersalah yang timbul menjadi sangat besar dan akibatnya, kebanyakan, sih, jadi ikut lari dari kenyataan. Bukannya tak peduli, tapi takut salah. Bingung lagi. Seperti pria tadi, asyiiikkkk aja kerja terus. Tidak berani menghadaoi kenyataan di lapangan. Niatnya, sih, biar nggak ribut dan berantem, tapi malah justru menjerumuskan. Penyebab tidak diselesaikan, masalah pun semakin menumpuk. Stress. Depresi. Dua-duanya akut. Hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Impoten, deh!

Satu-satunya jalan yang bisa ditempuh, menurut saya, adalah pergi ke dokter jiwa atau psikolog. Bukan ke seksolog!!! Akarnya harus diperbaiki dulu. Kalau akarnya sudah baik, baru kemudian lanjut ke batangnya. Hehehe…

Sembuhkan diri sendiri dulu, baru ajak pasangan. Kalau bisa langsung berdua, lebih bagus lagi. Hanya biasanya sulit. Mana ada orang gila pintar mau dibilang gila? Berikan pengertian bahwa tidak perlu harus gila dulu untuk pergi ke terapis. Bisa, kan, alasan ingin bisa mesra seperti dulu lagi? Biarkan terapis itu menjadi moderador. Biar semua uneg-uneg dan sesak serta ganjalan yang ada di dada bisa dinilai lebih objektif.

Selamat berjuang, ya, Pak!!! Semoga berhasil!!! Jangan lupa berdoa dan minta petunjuk dari-Nya. Dia pasti akan memberikan jawaban terbaik bagi Anda sekeluarga. Amin.(ASA)

3. Zikir Pengiring Acara Kontes Bikini
Oleh bocahndeso - 13 Oktober 2009

Tak henti-hentinya Zikrullah dilantunkan oleh ibu Hajjah Fariyawati dan bapak Dicky Jatmika Usman, orangtua dari Qory Sandioriva, ketika mengantarkan buah hatinya memasuki gelanggang arena kontes Putri Indonesia 2009.

Alhamdulillahhirobbilalamin, puji syukur pun dipanjatkan oleh kedua orangtuanya itu saat dara jelita berambut indah kelahiran 17 Agustus 1991, dinyatakan sebagai Putri Indonesia 2009.

“Saya sebagai ayah sangat bangga ternyata anak saya yang manja ini bisa juga menjadi nomer satu”, kata ayahanda Qory saat mengungkapkan perasaannya terhadap kemenangan diraih oleh putrinya yang mahasiswi fakultas Sastra Perancis di Universitas Indonesia.

Mahkota Puteri Indonesia 2009 itu diraih oleh Qory yang pernah mengikuti audisi film Ketika Cinta Bertasbih 2, setelah menyisihkan 38 orang finalis yang mewakili berbagai propinsi di Indonesia.

Qory Sandioriva mengikuti kontes Putri Indonesia tahun 2009 ini sebagai wakil dari propinsi Aceh Naggroe Darusallam yang dijuluki sebagai Serambi Mekkah.
Propinsi yang pada tahun 2004 pernah dilanda bencana gempa yang dahsyat diikuti gelombang pasang tsunami ini, setelah pasca bencana menjadi Daerah Istimewa dengan salah satu keistimewaannya sebagai daerah syariat Islam.

Putri Aceh pada kontes tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana wakil dari Aceh selalu mengenakan jilbab. Sedangkan tahun ini, Qory sebagai wakil Aceh tidak mengenakan jilbab.

Berkenaan dengan jilbab itu, saat di panggung, Qory menjawabnya “Saya sudah izin sama Pemda Aceh untuk tidak pakai jilbab dalam mengikuti ajang ini, dan mereka mengizinkannya. Alhamdulillah, saya juga mendapatkan dukungan yang sangat besar dari ibu Meutia Hatta”.

“Saya sangat bersyukur dengan kepercayaan yang diberikan”, kata Qory yang alumni Sekolah Islam Al-Azhar atas kemenangan yang diraihnya.

Menurutnya dengan kemenangan ini, ia tidak boleh puas karena ini bukanlah puncak perjalanannya melainkan awal dari karier yang diimpikannya.
Qory memang benar, perjalanannya masih panjang, namun menjanjikan sejuta impian dan harapan serta ketenaran tentunya.

Setelah ini, jika tidak ada aral melintang, ia akan mengikuti kontes Miss Universe 2010.

Di dalam kontes Miss Universe ini, ia tak akan dapat mengelak, mau tidak mau harus mengenakan bikini.

Akankah ia mengikuti jejak Artika Sari Dewi yang memakai bikini one pieces, ataukah akan mengikuti jejak Zivana Letisha Siregar yang mengenakan bikini two pieces ?.
Tentu keputusannya itu akan berpengaruh terhadap peluang kemenangannya. Menurut beberapa kalangan, jika memakai bikini two pieces maka Qory Sandioriva sangat berpeluang untuk menjadi pemenang Miss Universe 2009.

Menurut perhitungan dan kalkulasi peluangnya, pemakaian bikini two pieces yang dipadukan dengan modalitas Qory sebagai wakil dari propinsi bersyariat Islam dari sebuah negara yang berpenduduk mayoritas Islam, akan terlalu eksotik untuk diabaikan begitu saja.

Itulah peluang dan modal terbesar yang dipunyai oleh Qory untuk menjadi Miss Universe 2010.

Lalu manakah nantinya yang akan dipilih Qory, bikini two pieces atau bikini one pieces ?.

Tentunya, semua itu ada konsekuensinya. Saat lagi menghadiri acara talkshow di Hotel Nikko, Thamrin, Jakarta Pusat, yang juga dihadiri oleh Miss Universe 2009, Stefania Fernandez.

Qory ditanyakan mengenai kesiapannya menghadapi kontroversi pakaian renang yang akan dipakainya dalam ajang kecantikan perempuan sejagad tersebut ?.
“Saya siap dikritik”, kata qory sang Putri Indonesia 2009 dengan mantap dan tegas.
Sungguh mengagumkan tekad dan semangat serta kemantapan hatinya dara jelita yang berusia 18 tahun ini.

Sangat menarik untuk dinantikan, seorang putri yang mewakili daerah syariat Islam, Aceh Naggroe Darusallam, mengenakan bikini dengan ditonton oleh milyaran pemirsa di seluruh pelosok dunia.

Akankah lantunan Zikrullah yang mengantarkan Qory saat mengantarkan kemenangan Qory di Putri Indonesia 2009, juga akan dilantunkan mengiringi Qory yang ber-bikini dalam kontes Miss Universe 2010 nantinya ?.

Sungguh sangat menarik, Zikrullah bersandingkan dengan kontes berbusana bikini.
Zikrullah yang seperti apa yang akan dilantunkan kedua orangtuanya ?. Zikir nafi isbat, Laa Illaha Illallah…, ataukah zikir khofi, ataukah lantunan zikir yang seperti apa yang tepat dan sepantasnya dipersandingkan dengan acara kontes tingkat dunia yang akan berbusana bikini itu ?.

Adakah diantara pembaca yang mengetahuinya ?.


4. Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi… Tapi, Aksimu?
Oleh berthybrahawarin - 13 Oktober 2009

Tiba-tiba saja nama Miyabi menjadi (tambah) populer bagi warga negara Indonesia. Sumpeeehh… pocong sekalipun, bertahun-tahun di dunia maya, aku baru tahu kalau Miyabi itu begitu terkenal di kalangan netters, yang tentu pernah sekali atau lebih men-search nama Miyabi untuk mendapatkan ceritera atau gambarnya sekalian.

Saya tidak terlalu munafik untuk mengatakan tidak pernah melongok ke dunia maya yang memperlihatkan wajah dunia yang yang lain itu, di mana Miyabi adalah salah satu yang dipandang terhebat. Sebenarnya, nama Miyabi pernah diucap oleh salah seorang dosen hukum yang termasuk ikut mengamati perkembangan dunia maya dan mensurvey negara-negara mana saja pengunjung situs-situs “dunia Miyabi and friends” beraksi. Dan, beliau sang dosen itu terkesima, bahwa pengunjung puteri Miyabi, wanita berdarah Jepang-Perancis itu, mendapat “tamu” pengunjung dunia maya-nya terbanyak dari (putera2 dan puteri?) Indonesia.

Nah, kalau produser film yang materalistis dan mengejar populer belaka untuk mendatangkan Miyabi ke Indonesia, karena begitu banyaknya tamu-pengunjung dari Indonesia, sudah pantaskah kita berlaku adil terhadap semua pihak? Katakanlah puteri Miyabi tak pantas datang ke Indonesia karena seluruh perlakuannya, tetapi tidakkah ini menjadi sindiran terhadap para pengunjung Miyabi di dunia maya, terutama yang di Indonesia?

Menolak Miyabi ke Indonesia, tampaknya tidak berebeda dengan Bangsa Argentina menolak Madonna ketika ia dipaksakan untuk memerankan Evita Peron dalam kisah heroik Evita Peron, Pahlawan wanita kontroversial Argentina. Hanya, memang ada perbedaan antara penolakan terhadap Madonna dan Miyabi. Madonna harus memerankan seseorang yang kadung dipandang pahlawan bagi rakyat Argentina. Sementara, Miyabi harus tampil sebagai “tokoh utama” dan diculik. Sebuah judul yang mungkin dianggap laris. Ceritera antara kenyataan dan semacam “reality show” ala Indonesia, yang misalnya kita temukan dalam kisah-kisah Manohara dalam versi-versi TV. Sekarang, Miyabi menjadi tokohnya.

Nah, para demonstran, pertanyaannya: Kapan kau kenal Miyabi? Apakah kau pernah menonton aksinya? Anda menonto sekedar untuk tahu, atau untuk “mengilhami” eksplorasi imajinatifmu? Kalau Anda termasuk dalam pengunjung setia, apa yang bisa kau katakan bila Miyabi harus ada di Indonesia? Pihak kepolisian telah menyatakan bahwa kedatangan Miyabi bukan urusan/kewenangan kepolisian. Nah, kalau demo menjadi anarkhis, bahkan kalaupun oleh para pria tanggung yang sehari-harinya duduk di berhadapan dengan dunia maya, dan Miyabi termasuk yang dominan dalam mesin pencari (sebagian) demonstran, bukankah ini “rahasia” Polisi, demonstran, dan Miyabi?

Puteri Miyabi, di Indonesia belum ada hukum cambuk, dan sebagian kami beranganggapan cambuk sudah tidak masanya. Tetapi, keteladanan apa yang bisa kau datangkan di negeri Indonesia, kecuali suatu popularitas murahan? Saya tidak berpikir untuk turut berdemonstrasi, tapi saya menjaga jari-jari saya untuk tidak mengetik nama Anda, puteri Miyabi, di mesin google atau mesin pencari lainnya, untuk menemukanmu.

Tapi, aksimu, mestinya polisi Republik Indonesia tahu apa yang mereka seharusnya lakukan. Atau, mereka memiliki dalil hukum sendiri untuk pembenarannya? Ataukah, sedikit siap-siap, jangan-jangan POLRI menyiapkan perangkap tersendiri untukmu, Miyabi. Bukan hanya untuk anggota KPK atau anggota ICW. Kriminalisasi profesi, profesionalisasi kriminal? Ah, aksimu Miyabi. Tak munafik aku, tapi khawatir saja, kalau ceriteramu lebih seru dari kisah hukum yang erotis, tentang Antasari Azhar dan Rani. Aksimu, bisa berhubungan dengan permbunuhan berencana, puteri Miyabi.

5. Odong-odong, Sebuah Oase Perkotaan
Oleh robjanuar - 13 Oktober 2009

Siang akhir pekan itu, Pak Mul, seorang kawan sejawat saya, mengadakan hajatan khitanan anaknya. Sanak kerabat, tetangga, dan kolega tampak hadir memberi selamat. Semua yang hadir tampak ceria. Satu sama lain saling memberi salam, menikmati hidangan ala betawi yang telah disediakan, lalu duduk dan bertukar cerita serta canda.

Selang tak berapa lama, sebuah lagu anak bernada riang terdengar mendekat. Ya, lagu itu berasal dari sebuah odong-odong, becak yang dimodifikasi menjadi permainan anak serupa komidi putar. Dudukan penumpang yang berupa empat buah pelana dibentuk menyerupai binatang, mobil, atau pesawat dengan warna-warna cerah terpasang didepan pengemudi, siap memanjakan anak-anak yang duduk diatasnya.

Sontak terdengar suara menggemaskan para tuan dan puan kecil merajuk pada orang tua minta ditemani naik odong-odong…ah lucunya. Cerianya suasana hajatan ternyata memihak teman-teman kecil ini. Orang-orang tua jadi tak kuasa menolak permohonan mereka.

Empat-empat mereka bergantian naik odong-odong, meski kadang ada yang ingin lanjut hingga dua tiga putaran. Yang diatas terlihat asik sendiri menikmati ayunan pelana yang bergerak naik turun kedepan dan belakang. Sementara yang dibawah terlihat menahan ingin, untuk segera mendapat giliran diatas. Ada yang Cuma diam sambil mengincar posisi, ada pula yang merengek.

Ditengah pertumbuhan jaman yang tak banyak menyisakan cukup ruang bermain bagi si kecil, odong-odong hadir seperti oase ditengah pasir gurun yang kering dan panas. Tayangan gosip dan sinetron yang berisi hujatan dan doa-doa menyumpah mengisi relung ruangan rumah hampir tanpa henti. Bahkan, film kartun di jam tayang utama pun tak jarang mengajari mereka untuk curang atau mencelakai orang lain.

Di luar rumah, jangankan tanah lapang, gang yang sudah sempit makin sempit oleh gerobak yang sedang parkir, saluran air comberan yang dibiarkan menganga, atau motor-motor yang parkir dengan knalpot panas siap membakar kaki mereka jika tak hati-hati. Pun tak jarang, mesin yang dipacu kencang oleh manusia-manusia yang diburu waktu membahayakan nyawa si kecil.

Odong-odong menyusup diantara gang-gang kumuh, pemukiman padat, atau di perumahan-perumahan saat siang mengendurkan teriknya menyapa senja. Seperti Sinterklas dalam dongeng Natal, dia datang tanpa diduga, membawa kejutan dan keceriaan untuk anak-anak. Seperti yang sering kita lihat, dimana odong-odong berhenti, disitu anak-anak berkerumun.

Namun tak jarang keluhan terlontar dari para orang tua saat odong-odong berhenti di depan rumahnya. Bagaimana tidak, hampir mustahil balita tidak merengek minta naik odong-odong saat lagu-lagu anak yang ceria dan bentuk warna-warni pelananya merayu seluruh indera dan insting kanak-kanaknya.

Mungkin Rp1000,00 sebagai ongkos barang tiga sampai lima menit sang buah hati menikmati ayunan odong-odong bukan masalah. Namun, mereka sering minta lagi dan lagi. Mungkin pula Rp1000,00 ini adalah bagian berharga dari 20-30 ribu yang ayah dapat setelah bekerja sehari.

Salam Kompasiana

6. Over and Over
Oleh Pepih Nugraha - 9 Oktober 2009

I see the light of love in your eyes, love is forever, no more good bye…
Here in your arms the world’s far away, here in your arms forever I’ll stay

Suatu waktu saya dibuat termehek-mehek oleh rangkaian kalimat di atas. Terlebih lagi rangkaian kalimat itu diberi nada dan irama dan dinyanyikan oleh seorang Nana Mouskouri. Rangkaian kata di atas adalah penggalan lagu Over and Over yang disenandungkan penyanyi bersuara “malaikat”, Nana Mouskouri. Dia adalah salah satu penyanyi berkebangsaan Yunani kesukaan saya.

Pertama kali mendengar lagu Over and Over sekitar tahun 1982 lewat sebuah kaset kompilasi. Sayangnya, lagu dalam kaset itu ditaruh pada bagian akhir Side B dan terpotong pula. Pada tahun 1982 itu saya cari kaset Nana Mouskouri dengan maksud ingin mendengar sampai tamat Over and Over, namun sayang saya gagal menemukannya. Saya malah menemukan album kaset berbahasa Perancis-nya. Kelak saya akan ceritakan juga lagu-lagu Perancis Nana Mouskouri dalam kaset itu. O ya sebelum lupa, Nana adalah penyanyi kelahiran 1934 yang mampu bernyanyi dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Latin, Italia, Spanyol, dan Yunani secara fasih. Konon, Nana juga bernyanyi dalam bahasa Sisilia dan Welsh!

Baru pada tahun 1987 saya menemukan Over and Over secara utuh bersama lagu-lagu legendaris Nana Mouskouri lainnya dalam bahasa Inggris seperti Try to Remember dan Only Love, dua lagu yang terlalu berharga kalau tidak saya tulis kelak!
Cerita dalam lirik itu tidak lain bicara soal cinta, sebuah keagungan dan ketulusan cinta. Cinta adalah sebuah bahasan yang tidak pernah bosan-bosannya kita diskusikan. Simak, hampir semua lirik lagu dan film laga sekalipun, selalu dipersedap dengan bumbu percintaan. Moga kita bisa memperluas makna cinta yang tidak semata cinta antara dua insan, cinta yang menjadikan kita semua ada!

Saya menemukan sebuah videoklip Over and Over yang tidak semata-mata bercerita tentang cinta dua insan, tetapi diperluas dengan cinta terhadap alam, lingkungan sekitar, keluarga, tetapi bahkan hewan. Meski demikian, penggambaran dan suasana dalam video itu tetap mendukung lirik Over and Over, di samping kita bisa menikmati lirik-lirik indah di dalamnya. Di video ini pula kita bisa mendengar dentingan gitar (lute) dan bas akustik yang biasa kita temukan dalam lagu-lagu tradisional Yunani.

7. Jangan Salahkan Qory Sandrioriva, Dia Hanyalah Korban….
Oleh madi.hakim - 12 Oktober 2009

Banyak orang yang menyalahkan Qory Sandrioriva saat dia melepas busana muslimahnya demi meraih gelar Putri Indonesia 2009. Bagi saya, Qory, juga orangtuanya yang kabarnya berdzikir saat Qory menang, mereka hanyalah korban. Ya, mereka hanyalah beberapa dari begitu banyak korban budaya kapitalis-konsumeris-materialis di negara kita. Maaf kalau bahasanya terlalu bombastis, tapi akan saya coba urai satu demi satu, sebatas kemampuan saya tentunya.

Qory menjadi korban budaya kapitalis, karena dia sampai rela mengorbankan ajaran agama yang luhur sifatnya, dan menukarnya dengan sesuatu yang bersifat materi. Dan kontes-kontesan itu sendiri adalah juga tradisi kapitalis, yang lebih mengedepankan fisik dan logika, dan mengesampingkan moral dan etika. Qory menjadi korban budaya konsumeris, karena untuk meraih gelarnya itu, tentu dia harus keluar banyak uang, dimana uang tersebut tentu akan lebih bemanfaat jika digunakan untuk hal-hal lain yang bermanfaat. Qory juga menjadi korban budaya materialis, karena dengan menjadi Putri Indonesia, banyak peluang baru akan muncul, dan dipastikan akan menguntungkan dari segi materi. Seperti menjadi bintang iklan, sinetron, ataupun bintang film. Maaf, yang terakhir ini, jujur saya tidak tahu motivasi Qory yang sebenarnya, tapi saya yakin 99% motivasinya bersifat materi.

Tetapi bagi saya, apa yang ada di benak Qory dan keluaganya, juga ada di benak sebagian besar bangsa kita. Bukankah sebagian besar kita, tanpa kita sadari, adalah juga korban dari budaya kapitalis-konsumeris-materialis tadi? Bukankah sebagian besar kita, lebih suka memilih profesi artis, penyanyi, bitang film, ketimbang guru, peneliti, dan berbagai profesi mulia lainnya? Maka mereka yang mati-matian berusaha menjadi artis, atau sok-sok-an ngartis, adalah korban.

Anda yang membela Qory, ataupun cuek terhadap sikap Qory, sadarkah anda, bahwa anda juga sudah menjadi korban? Bukankah budaya sekuler, permisif, dan cuek, elo-elo/gue-gue, adalah bawaan dari kapitalisme? Yang penting kan dia sudah dewasa secara umur, sudah dianggap bisa mempertanggungjawabkan segala perbuatannya. Yang penting kan dia tidak mengganggu saya, dan saya sama sekali tidak dirugikan atas apa yang dilakukan Qory. Barangkali itu yang ada di benak anda. Tetapi, akan tetap diamkah anda, jika anak anda, atau keluarga anda, atau kerabat anda, mencontoh apa yang Qory lakukan?

Dalam skala yang lebih luas lagi, akan banyak sekali korban-korban kapitalis-konsumeris materialis. Mereka yang menganggap kemenangan Qory sebagai anugerah, kemudian berdzikir, atau mengucap hamdalah, atau malah sujud syukur, mereka adalah korban, karena kapitalis menjauhkan orang dari agama, sehingga pemahaman baik dan buruk menjadi kabur. Juga mereka yang mendukung sepenuhnya kedatangan Miyabi ke Indonesia adalah korban, karena orangtua Miyabi sendiri malu terhadap perilaku Miyabi, bahkan mengusirnya saat Miyabi ingin ketemu keduanya. Bukankah dalam sebuah masyarakat yang beradab, ridho dan restu orangtua adalah yang utama? Bukankah dengan mengundang orangtua Miyabi ke Indonesia, baik langsung maupun tidak langsung, kita telah menambah sakit hati kedua orangtuanya?

Mereka yang mengaku muslimah, namun tidak mau berbusana muslimah, atau berbusana muslimah namun ketat, sehingga (maaf) dada dan pantat masih terlihat menonjol, mereka juga adalah korban. Karena sebuah masyarakat yang beradab, nilai-nilai moral dan agama begitu dijunjung tinggi. Dan Islam jelas-jelas memerintahkan wanita untuk menutup auratnya. Bukankah salah satu arti Islam adalah tunduk, patuh terhadap segala aturan-Nya? Masalah suka-tidak suka, cocok-tidak cocok, itu relatif sifatnya, bergantung logika, dan logika manusia sangat terbatas kemampuannya.
Maka Bacalah, Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakan.

8. Obama Prorakyat, Pengguna Internet Bersorak!
Oleh Pepih Nugraha - 22 September 2009

Jangan panik lantaran bisnis monopoli yang sudah Anda nikmati bertahun-tahun mendapat pesaing potensial, apalagi harus menghancurkan pesaing baru itu dengan segala cara. Ikuti aturan, berpikir serta bertindak cerdas, cepat, dan inovatif adalah jawabannya!

Saya memperoleh kalimat di atas bukan karena terpangaruh motivator kawakan, melainkan terkesan setelah membaca berita di Reuters yang menyebutkan perusahaan-perusahaan Telkom Amerika Serikat didesak membuka jaringan nirkabel milik mereka. Kata “membuka” di sini bisa diartikan menggratiskan atau menjadikan jaringan nirkabel itu sebagai “open source” kalau meminjam istilah yang umum di dunia software internet.

Tentu saja perusahaan-perusahaan telepon AS yang selama ini mendulang uang dari bisnis monopoli mereka seperti AT&T, Verizon Communications, dan Sprint Nextel Corp, harus “open minded” untuk menahan popularitas layanan berbasis internet gratis yang menggabungkan wicara dan gambar bergerak (video) dari Skype dan Google Voice. Proposal yang diajukan regulator Telkom Negara Paman Sam itu akan dianggap sebagai penyelamatan untuk netralitas internet.

Jika proposal ini dapat diterima, maka ini merupakan kemenangan bagi konsumen dan perusahaan internet besar seperti Google Inc. Sementara operator Telkom raksasa seperti AT&T Inc, Verizon Communications and Sprint Nextel Corp harus merelakan hak monopoli layanan nirkabelnya dinikmati warga negara AS secara gratis, sebagaimana mereka menggunakan Skype dan Google Voice. Tidak gratis-gratis amat sih, Cuma bayar biaya layanan internet mobile-nya saja!

Ketua Federal Communications Commission (FCC) Julius Genachowski menjelaskan, para operator Telkom seharusnya tidak diskriminatif menghadapi berbagai aplikasi atau konten internet dan harus membuat manajemen trafik web mereka lebih transpran lagi.
Di satu sisi proposal ini akan membuat warga lebih murah lagi melakukan komunikasi dengan warga lain di seluruh dunia tanpa batas, tetapi di sisi lain proposal ini mendapat tentangan dan kritikan tajam. Selain para operator Telkom tadi, perusahaan operator mobile pun (yang pasti tidak murahlah ya!) tersengat karena regulasi ini secara tidak langsung akan mematikan bisnis mereka.

“Risiko membuka layanan nirkabel ini, mereka tidak mungkin akan menghentikan konsumen menggunakan layanan bicara dan teks gratis seperti Skype atau Google voice,” kata Bernstein, analis dari Craig Moffett. “Bicara dan teks adalah bisnis dimana selama ini mereka (operator Telkom) memperoleh untung.”
FCC baru-baru ini menyelidiki mengapa Apple Inc menolak kerjasama dengan Google Voice untuk digunakan di iPhone dan lebih memilih AT&T.

Proposal ini juga membuat pengguna mobile Telkom bisa mengirit biaya langganan karena pengiriman pesan pendek (SMS) praktis bakal ditinggalkan. Pilihannya, ya bicara langsung saja melalui ponsel secara gratis jika mereka menggunakan layanan teks dan suara dari Skype dan Google Inc. Paling bayar biaya internet-nya saja. Dijamin kuping lawan bicara mengepul akibat kepanasan. Asyik toh?

Analis lain dari Christopher Larsen, Piper Jaffray, berpikir lebih realistis lagi. Katanya, para operator Telkom yang selama ini menangguk untung dari bisnis monopoli mereka, harus segera menemukan cara bagaimana memperoleh laba dalam bentuk lain dengan menciptakan layanan baru yang lebih menarik minat konsumen.

AT&T, perusahaan No. 2 untuk layanan mobile di AS, menanggapi dengan cara concern terhadap perluasan “Netralitas Net” untuk berkompetisi dengan industri mobile lainnya. Tetapi sejauh itu AT&T tidak menyinggung soal semakin populernya Skype dan Google Inc di mata konsumen AS.

“Regulasi baru akan membatasi pilihan konsumen dan mempengaruhi penyedia konten, pengembang aplikasi, pabrik pembuat handset dan pembangun jaringan,” kata pejabat eksekutif Verizon, perusahaan layanan Mobile nomor wahid di AS, yang melayani Vodafone Group Plc.

Skype tentu saja bergirang hati dengan proposal ini dan Google Inc menyebutnya sebagai “tidak ada yang lebih membahagiakan lagi”. Advokat dan LSM yang membela hak-hak konsumen menanggapi proposal FCC ini sebagai kemenangan besar.
“Ini hari yang menggetarkan jutaan warga yang selama ini menyerukan agar internet lepas dari diskriminasi,” kata John Silver, direktur eksekutif sebuah LSM yang bergerak di bidang advokasi, Free Press.

Dalam pidatonya di Troy, New York, beberapa waktu lalu, Presiden Barack Obama menegaskan bahwa pemerintah harus membuat dasar-dasar aturan yang bisa diterima bersama untuk menjamin lapangan bermain yang setara bagi para pengguna internet.
Wah… enaknya punya presiden yang sekali pidato saja, pengaruhnya luar biasa besar, sampai-sampai FCC langsung mengeluarkan proposal yang berisi regulasi baru, regulasi yang lebih berpihak pada konsumen dan pengguna internet. Apa yang disebutkan Obama tidak lain semangat antidiskriminasi sekaligus protransparansi dalam dunia telekomunikasi!
Hallo Indonesia…!?

9. KD Sang Diva dalam Cobaan
Oleh Suhandi Taman Timur - 12 Oktober 2009

Krisdayanti atau KD diklaim sebagai diva didalam blantika musik Indonesia. Di dalam bahasa Italia, kata diva berasal dari kata divus yang dalam bahasa Latin artinya Tuhan, atau Dewa atau Dewi. Di masa sekarang kata diva lebih banyak dipakai untuk menyebut pemeran wanita utama yang biasanya bersuara sopran dalam sebuah lakon opera. Kata lain yang hampir sama dengan diva adalah prima donna. Dalam bahasa melayu lama padan-kata yang tepat adalah sri panggung. Sedangkan pemeran laki-laki utama yang biasanya bersuara tenor disebut divo. Jadi, seandainya blantika musik Indonesia ini diibaratkan sebagai sebuah panggung opera, maka KD berdiri disana sebagai pemeran wanita utama, seorang diva. Sungguh suatu kehormatan yang besar bagi KD.
-
Seorang selebiriti seperti KD, sebagaimana halnya dengan artis-artis terkenal lainnya, umumnya memiliki dua sisi kehidupan. Disamping kehidupan pribadinya sebagai manusia biasa, ia juga hidup di dunia keartisan yang penuh dengan kepura-puraan yang dikemas rapi di dalam glamour. Sosok KD sebagai wanita, isteri dan ibu dari anak-anaknya akan berubah menjadi sosok yang lain begitu ia naik ke atas panggung. Dari sosok perempuan biasa ia menjelma menjadi seorang diva yang dipunja oleh banyak penggemar. Dari Nawang Wulan isteri Jaka Tarub, ia menjelma kembali menjadi Dewi dari kayangan, begitulah istilahnya.
-
Konon, kini KD sedang mengalami cobaan di dalam kehidupan pribadinya sebagai isteri dan ibu. Anang, sang suami menjatuhkan talak satu kepadanya pada saat umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan yang lalu. Rupanya, penyakit kambuhan KD yang tidak terpuji sedang kumat. Lagi-lagi ia dikabarkan berselingkuh untuk kesekian kalinya dengan pria yang bukan muhrimnya. Bahkan kali ini KD katanya lebih nekat. Ia bermesraan dengan lelaki gendaknya itu di depan mata anak-anaknya sendiri yang masih belum menginjak usia remaja. Banyak diantara para penggemarnya yang tidak habis mengerti mengapa KD tega melakukan hal ini. Apa sebenarnya yang dia cari dalam hidup ini? Bagi sebagian orang, perilaku KD ini dipandang sebagai apa yang orang Jawa bilang “njelehi” atau disgusting kata orang “sono”. Pujaan dan simpati yang selama ini tumpah kepadanya langsung berubah jadi antipati. Tidak sedikit orang yang meramalkan (atau nyumpahin?) bahwa ini adalah awal dari kehancuran karirnya sebagai penyanyi pujaan.
-
Menurut pendapat saya, kasus perselingkuhan yang berujung pada perceraian ini adalah cobaan bagi kehidupan KD sebagai pribadi, sebagai isteri dan seorang ibu. Dalam kaitan ini KD bisa saja dihujat oleh orang banyak sebagai perempuan, isteri dan ibu yang tidak baik. Tapi bila KD bisa mempertahankan eksistensinya sebagai penyanyi papan atas di dunia musik Indonesia tanpa terganggu oleh kasus-kasus pribadinya, maka ia akan membuktikan dan sekaligus mengukuhkan kedudukan dirinya sebagai diva yang sesungguhnya. Ini semua bergantung pada kemampuan KD untuk bertahan sebagai profesional.
-
Elizabeth Rosemund Taylor, yang lebih dikenal dengan nama Liz Taylor pernah mengalami hal ini. Di usianya yang senja, wajah Liz Taylor masih memancarkan sinar kecantikan yang anggun, innocent dan aulia (suci). Padahal selama hidupnya ia pernah kawin 8 kali dan cerai 7 kali. Dia kawin 2 kali dengan suami yang sama yaitu Richard Burton. Kasus yang paling “njelehi” adalah pada waktu ia kawin dengan suami ke 3 nya, Eddie Fisher pada tahun 1959. Waktu itu Liz baru saja menyelesaikan film Butterfield 8, dimana ia menggondol hadiah Oscar sebagai pemeran wanita utama terbaik. Waktu itu Eddie Fisher masih berstatus sebagai suami Debbie Reynolds, dimana pasangan ini dipandang sebagai pasangan yang paling serasi pada masa itu di Hollywood. Liz merebut suami orang, yang dikawininya selama hampir 5 tahun tapi kemudian ia tinggal pergi begitu saja pada tahun 1964.

Saya masih ingat waktu itu bagaimana publik menghujat Liz Taylor dan “menyukuri” Eddie Fisher. Semua simpati masarakat tertuju kepada Debbie Reynolds yang malang. Sejak itu karir Eddie Fisher tenggelam, sementara Debbie Reynolds terus bertahan. Tapi yang paling istimewa adalah Liz Taylor yang berhasil membuktikan dirinya sebagai diva sejati, dengan karir dan sukses yang semakin menanjak. Ia bahkan terpilih untuk membintangi film kolosal dengan biaya pembuatan yang termahal, menurut ukuran masa itu, yaitu Cleopatra.
-
Isteri saya dan saya adalah penggemar dan pemuja KD yang tidak berkepentingan untuk ikut campur dalam urusan pribadi dan rumah-tangganya. Kami tidak mempunyai alasan untuk membenarkan atau menyalahkan kelakuan KD yang minus itu baik sebagai isteri terhadap suaminya maupun sebagai ibu kepada anak-anaknya, atau bahkan sebagai wanita kepada pria-pria selingkuhannya. Tapi sebagai orang Indonesia dan penggemar KD, kami akan senang bila KD bisa tetap eksis sebagai penyanyi besar dan sebagai aset budaya bangsa. Kami tidak menyamakan KD dengan Elizabeth Taylor, tapi kami masih ingin bisa menikmati lagu-lagu baru KD yang akan datang.
Jakarta, 12 Oktober 2009
Suhandi Taman Timur

10. Cara Rapper Saykoji Menyentil Malaysia
Oleh Pepih Nugraha - 2 Oktober 2009

Saykoji, rapper terkemuka Indonesia yang sedang berkibar-kibar di blantika musik nasional dengan hit terbarunya “Online”, punya cara tersendiri menyentil -kalau tidak mau dikatakan menjitak- Malaysia. Apa lagi kalau bukan urusan jiplak-menjiplak atau klaim-mengklaim. Ini sebenarnya peristiwa lawas, namun rasanya masih relevan untuk diangkat lagi ke permukaan, terkait dengan diakuinya batik sebagai kekayaan budaya asli Indonesia oleh Unesco, 2 Oktober. Selain itu, biar kita tahu bagaimana orang-perorangan seperti Saykoji melakukan langkah konkrit dalam menyentil Malaysia. Saykoji rupanya tidak mau bertindak lembek seperti elite pemimpin negeri ini dalam menanggapi pencurian budaya oleh negara lain. Saykoji mengeritik “keras” dan konkrit dengan caranya sendiri!

Cerita bermula ketika salah satu lagu hit Saykoji berjudul Tahukah Kau dijiplak habis oleh rapper Malaysia bernama Joe Farizal. Seluruh isi lagu itu dijiplak habis tanpa ampun (juga tanpa malu) kecuali untuk kata-kata “Indonesia Kita Kaya” yang diganti menjadi “Malaysia Kita Kaya”. Luar biasa “kreativitas” Joe ini (mohon Kompasianer tidak muntah di sini ya!). Si Joe penjiplak, eh… Joe Farizal ini sebenarnya teman Saykoji di Myspace. Yang paling menyebalkan lagi, setelah lagu itu dijiplak Joe, pertemanannya di Myspace diblok oleh Joe. Alhasil, Saykoji tidak bisa memberi komentar lagi atas lagunya yang dijiplak si Joe.

Coba simak lagu Tahukah Kau Saykoji versi asli yang dinyanyikan bersama Rapper Raben:
Jengkel dengan pencurian itu, Saykoji kemudian membuat lagi sentilan langsung pada Joe khususnya dan rakyat Malaysia umumnya. Lagu itu berjudul Copy My Style (Again). Saykoji menggratiskan lagu itu dan disebar di YouTube serta Twitter. Sentilan Saykoji begitu straight, langsung menembus hati yang seharusnya merasa tertembus. Simak lirik lagu tersebut di bawah ini:

You copy my style
You copy again
Apa plagiat di negara lo lagi ngetrend?
Ku tetap sabar tetap kau kuanggap friend
But sooner or later I gotta take my stand
Udah bolak balik sampe balik kebolak
Temen gue sampe keselek pas makan kolak
Lagi lagi berulang ulang terus terjadi
Tetangga bikin ulah lagi bikin sakit hati
Suka ngaku ngaku kagak malu malu
Punya indonesia di klaim satu satu
Apa memang kalian yang gak mampu mampu
Buat budaya sendiri efek gak ampuh ampuh
Baca rambu rambu, bangsaku berbudi luhur
Tapi usik terus, reputasi mu masuk kubur
Jujur gue bangga jujur gue bersyukur
Elo ngaku ngaku berarti progress lo mundur
Panas ku bertutur kreasi bicara
Walau sudah jelas identitas ku dijarah
Joe farizal aja bisa minta maap
Masa yang lain kagak nyadar kagak tanggap
You copy my style
You copy again
Apa plagiat di negara lo lagi ngetrend?
Ku tetap sabar tetap kau kuanggap friend
But sooner or later I gotta take my stand
Bukan mo sok nasionalis sombong mengangkat alis
Bukan mo sok gangster bukan sok sadis
Walau lagi ngetop bukan gue sok ngartis
Tapi bales pake lagu paling praktis
Marah marah di internet, udah pasaran
Ngomel ngomel di pasar kagak sabaran
Kaya cacing kepanasan jenggot kebakaran
Rasanya gatel pengen ngasih tamparan
Tapi gue orang nya cinta damai
Walau rasanya sulit untuk santai
Amunisi di samping nyiur melambai
Pakai musik rap ku siap membantai
Memang satu rumpun masih sama melayu
Tapi melayu saykoji keras dan gak kemayu
Selendang rocker ku agak mendayu
Tapi coba ajak gue battle rap ayuk!
You copy my style
You copy again
Apa plagiat di negara lo lagi ngetrend?
Ku tetap sabar tetap kau kuanggap friend
But sooner or later I gotta take my stand
Sedangkan gaya Saykoji membawakan lagu itu cukup provokatif dengan mengenakan lambang negara berupa kalung besar Merah-Putih, pin Merah Putih di dada kiri dan kedua bahunya. Semua orang boleh mengunduhnya, khususnya orang-orang Malaysia. Simak video ini:
Demikianlah cara Saykoji, rapper kebanggan kita menyentil, eh… menjitak (rapper) Malaysia yang dianggapnya nggak tahu malu.
Memang satu rumpun masih sama melayu
Tapi melayu Saykoji keras dan gak kemayu
Selendang rocker ku agak mendayu


Tapi coba ajak gue battle rap ayuk!
Wah, kami bangga dan salut sama kamu, Saykoji!

55 komentar:

eXcape_iCe mengatakan...

Nama : Elini Febriani
Kelas/no. absent : XII IPA 5 / 16

*Wacana 2 :Bercinta Pun Takut Dibilang Salah
Sanggahan:
Dari sebagian besar pendapat mengenai wacana nomor 2, saya kurang setuju ketika dinyatakan “Paling cuma impoten rumahan doang!!! Di luar, sih, uhuy!!! Soalnya, dah keburuan cari simpanan yang lain”, dalam hal ini mungkin saya si pria memang tidak impotent baik dirumah maupun diluar karena faktor istrinya, memang istri yang seperti itu tidak baik adanya, semestinya si suami membawanya ke psikiater atau tempat sejenisnya, sebab hal ini sangat mempengaruhi emosional jiwanya dan bahkan bisa mengganggu keberadaan orang lain.
Mungkin si suami takut menghadapi istri depresif, agresif dan sangat berambisi seperti dia, akan tetapi cara yang paling baik adalah mencoba untuk memberanikan diri untuk berbicara dengannya, disini suami harus menegaskan bahwa yang memegang kekuasaan dirumah tangga adalah suami.
Namun saya setuju ketika psikolog dijadikan sarana perbaikan dalam konteks masalah ini, permasalahan yang ada pada diri si istri dan suami yang tidak impoten lagi harus dibicaran dengan serius sebab dalam menjalin suatu rumah tangga sangat diperlukan pemecahan masalah dalam berbagai aspek. Terakhir semua permasalahan ini serahkan dan percayakannlah pada tuhan, sebab dengan keyakinan penuh akan kepercayaan dan penyerahan itulah semua masalah dapat teratasi baik masalah si istri maupun masalah pada ‘adik’ si suami.

----------------------------------------------------------------------

*Wacana 9 :KD Sang Diva dalam Cobaan
Sanggahan:
Saya setuju akan pendapat yang terdapat pada wacana 9 , akan tetapi seperti kata pepatah ‘ tidak akan ada asap bila tidak ada api’ melalui sepenggal kaliamat ini dapat kita ketahui bahwa tidak akan ada isu tidak mengenakkan apabila tidak ada asal muasal permasalahannya. Hal ini terjadi pula pada KD semua isu ini bukan hanya sebagai cobaan belaka bagi KD akan tetapi juga bias dikatakan sebagai sebuah sensasi yang dimainkan oleh seorang Diva ibarat ia memainkan sebuah lagu melalui suaranya yang indah. Memang sebagai awam tidak pantas kita ikut campur dalam permasalahan orang lain, akan tetapi jika hal tersebut tidak mengenakan dan sangat hangat diperbicarakn oleh publik, tidak mungkin kita hanya diam saja dan hanya mengikuti alur. Kita bebas menyatakan pendapat apabila hal itu melebihi batas, dalam hal ini sebagai seorang diva Indonesia, KD sendiri telah mencoreng nama baiknya diblantika musik Indonesia, terlebih lagi ia juga turut mencoret nama bangsa Indonesia ini karena seperti yang kita ketahui perarn KD cukup berpengaruh di Indonesia.
Di sisi lain KD sendiri janganlha disamakan dengan Elizabeth Rosemund Taylor atau yang lebih dikenal dengan nama Liz Taylor. KD mungkin saja melakukan berbagai perselingkuhan ini akibat sang suami yang tidak dapat memenuhi apa yang menjadi keinginannya, KD juga seharusnya tidak melakukan perbuatan selingkuh didepan kedua anaknya yang sedang menanjak remaja sebab itu sendiri dapat menggangu mentalitas si anak. Semuanya itu kita tidak tahu, kita hanya bias mereka-reka namun tidak dapat menghakimi sendiri. Cara yang terbaik, KD harus professional terhadap pekerjaannya di bidang entertainer, ia harus memperbaiki segalanya sebelum semuanya terlanjur berantakan serta menyerahkan semua permasalah ini dan meminta petunjuk dari yang kuasa agar kontroversi terhadap dirinya dapat segera terselesaikan dan ia terus dapat memajukan musik Indonesia ini dengan lebih baik lagi.

Unknown mengatakan...

Fransiska Kovinna
XII IPA 5/ 21


Tanggapan saya atas teks nomor 3 adalah Qory harus bisa menanggung segala akibat dari adanya kontes tersebut. Ada hal yang membingungkan ketika ada kontroversi mengenai pemakaian bikini dalam ajang Miss Universe. Menurut saya, itu merupakan hal yang biasa. Saya terkadang aneh dengan pemikiran sebagian besar orang mengenai pemakaian bikini yang dipikir berunsur pornografi. Bukankah kita seharusnya bangga bisa bersanding dengan negara lain diseluruh belahan dunia? Sebaiknya bangsa Indonesia memikirkan hal yang positif dari ajang tersebut. Ajang pemilihan Miss Universe seharusnya dipandang sebagai sisi positif guna memperkenalkan kebudayaan serta ciri khas Indonesia bukan dipandang dalam satu sisi saja. Bila kita hanya memfokuskan ajang pemilihan Miss Universe sebagai ajang berbikini, kita seharusnya cepat-cepat mengubah pandangan kita. Perlu ditekankan bahwa ajang tersebut bukan untuk membuka aurat semata melainkan untuk membawa nama bangsa kepentas dunia. Satu hal yang aneh adalah kenapa zikir dikecam saat berbusana bikini? Menurut saya adanya keanehan tentang cara berfikir terhadap ajang ini. Mengapa zikir perlu di ikut-sertakan dalam ajang berbikini saja? Bukankah banyak unsure-unsur lain yang bisa dibanggakan dalam ajang Miss Universe yang lebih patut diperjuangkan ketimbang memikirkan zikir apa yang akan dilantunkan saat kontes tersebut. Maka pandangan masyarakat harus bisa dibuka secara luas jangan hanya mengecam dan meniadakan pandangan lainnya.


Tanggapan saya terhadap wacana nomor 8 adalah saya kurang sependapat tentang kehidupan di Amerika Serikat yang mempergunakan kekuasaan yang mereka miliki untuk melakukan regulasi baru yang akan memberatkan pihak lain. Memang kalau dipikirkan keputusan yang diambil Barack Obama menunjukkan rasa simpati dan melindungi kaum konsumen namun yang perlu di pertimbangkan adalah apakah hal ini memberikan manfaat yang menyeluruh? Dilihat dari segi konsumen saja, meskipun banyak dari mereka yang nantinya bisa mempergunakan layanan teks dan suara dari Skype dan Google Inc secara murah tetapi tentu ada pihak yang dirugikan. Bagaimanapun keputusan yang didasari atas keputusan sendiri dan mengagungkan konsumen memang baik adanya karena memberikan keringanan biaya bagi mereka tetapi perlu diperhatikan apakah penggunaan internet dan media tersebut memberikan makna positif bagi masyarakat mereka. Bisa dibayangkan bila di Indonesia, presiden mengumamkan hal yang sama seperti presiden Barack Obama, tentu hal ini akan meningkatkan populasi penggunaan internet. Bila internet bisa digunakan secara positif tentu tidak masalah namun apabila untuk tindakan yang negative? Bukankah akan menghancurkan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya? Jadi pemerintahan perlu memikirkan dampaknya bagi masyarakat, bukan berarti hanya memberikan peluang yang besar kepada para pengguna tanpa memperhatikan efektif atau tidaknya regulasi tersebut dimata masyarakat secara menyeluruh.

meilisa susilo mengatakan...

Nama : Meilisa Susilo
Kelas/No. absen : XII IPA 5/32

Wacana 4 : Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi… Tapi, Aksimu?

Saya kurang setuju dengan wacana diatas yang menolak kedatangan Miyabi. Hal ini dikarenakan tidak memiliki alasan yang jelas dan tepat. Banyak terjadi kontroversi dimana – mana yang menolak kedatangan Miyabi. Jika hanya ini alasannya, berarti kita hanya melihat dari sisi luar dan sisi negatifnya saja. Miyabi datang ke Indonesia memang untuk bermain film, akan tetapi film yang diperankan oleh Miyabi bukanlah film porno seperti yang diperankan dinegara asalnya. Para produser film yang menarik Miyabi untuk datang ke Indonesia sebenarnya tidak salah, karena pengunjung situs Miyabi terbanyak memang dari Indonesia. Jadi, apa salahnya jika Miyabi main film di Indonesia? Hal ini baik agar para pengunjung situs Miyabi tidak semakin penasaran dan terus – terusan membuka situs aksi porno Miyabi. Melainkan menonton Miyabi main film biasa di Indonesia. Hal ini akan lebih baik karena mengurangi pengunjung situs aksi Miyabi.


......................................

Wacana 7 : Jangan Salahkan Qory Sandrioriva, Dia Hanyalah Korban….

Saya tidak setuju dengan pernyataan bahwa Qory menjadi korban budaya kapitalis, karena dia sampai rela mengorbankan ajaran agama yang luhur sifatnya, dan menukarnya dengan sesuatu yang bersifat materi. Hal ini disebabkan oleh karena Qory melepaskan jilbabnya untuk kepentingan negara bukan untuk kepentingan material. Sebagai seorang perempuan yang bertanggung jawab, maka mau tak mau Qory harus melepaskan jilbabnya demi memenuhi kewajibannya sebagai Puteri Indonesia. Banyak diantara orang – orang muslim yang memakai jilbab tetapi hatinya tidak suci dan melakukan tindakan tidak terpuji. Hal ini telah menunjukkan kepada kita bahwa jilbab itu hanya lambang agama saja. Berbeda dengan Qory yang baru melepaskan jilbab, meskipun ia telah melepaskan jilbabnya demi kepentingan profesi tetapi ia tetap berkelakuan baik dan sopan.Kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya mendukung Qory agar memiliki memotivasi wanita Indonesia lainnya. Selain itu kita juga harus bangga karena memiliki Puteri Indonesia yang berprestasi.

Kevin Wijaya mengatakan...

Nama : Kevin wijaya
Kelas : XII IPA 5
No : 28

*Wacana 4 : Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi… Tapi, Aksimu?
Sangahan :
Saya menentang atas opini tersebut,karena mungkin seperti ini.kita memang tahu bahwa miyabi adalah bintang dari film porno,tetapi bila ia di panggil oleh produser Negara kita untuk bermain film saya rasa wajar-wajar saja jika ia tidak bermain film yang berisi hal hal yang tidak senonoh,dan mungkin saja bila ia bermain dalam film tersebut banyak orang yang mau menonton,karena ingin tahu seperti apa cerita nya kemudian bisa bisa film yang ia perankan booming sampai ke seluruh Negara.dan mungkin saja dari film tersebut miyabi berhenti menjadi bintang porno dan menjadi bintang terkenal. Mengenai miyabi datang ke Indonesia pasti sangat heboh jika jadi,tetapi jika benar benar ia datang mungkin dapat memberi kita sedikit pengalaman,karena ia bisa di Tanya Tanya mengapa ia menjadi bintang porno dan apa factor yang mendorong nya.sehingga orang orang dapat mendengar dan tahu.

-----------------------------------

Nama : Kevin wijaya
Kelas : XII IPA 5
No : 28

*Wacana : Jangan Salahkan Qory Sandrioriva, Dia Hanyalah Korban….
Sangahan :
Saya tidak setuju dengan opini di atas karena kemenangan nya di putri Indonesia itu tidaklah mudah,karena di butuhkan kemampuan yang lebih. mungkin Ada yang menyangah dengan berbagai alasan jika Qory ingin melepas jilbab.mungkin itu adalah hak Qory untuk melepaskan nya atau tidak.lagi pula kedua orang tua nya sudah setuju dengan Qory untuk melepaskan nya.
Juga ada sangahan yang mengatakan bahwa Qory akan berubah menjadi orang yang cuek jika melepas jilbab nya.menurut saya tidak,karena jika ia sudah memutuskan nya mungkin itu jalan yang terbaik bagi ia untuk maju ke depan dan lebih baik lagi.

cindy natialia mengatakan...

Nama : Cindy Natalia
Kelas/no. absent : XII IPA 5 / 12

2. Bercinta Pun Takut Dibilang Salah
Oleh Mariska Lubis - 13 Oktober 2009
- sayatidak setuju dengan perilau perempuan itu, sebaiknya kita sebagai satu individu yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing jadi tak perlu mencibir atau mengkritik sebelum kiat menilai diri kita sendiri . jangan berusaha umtuk mencari kesalahan orang lain saja tetapi belajar memotivasi diri kita sendiri terhadap kesalahan yang pernah kita perbuat . justru mungkin itu lebih baik di banding kita menyinggung orang lain melalui perkataan kita . sah-sah saja jika kita ingin memberi saran terhadap orang lain tetapi hendaknya jangan mengkritik dengan kata-kata menyinggung dan meremehkan .

9. KD Sang Diva dalam Cobaan
Oleh Suhandi Taman Timur - 12 Oktober 2009

- saya tidak setuju dengan perilaku KD ini,karena suatu hubungan ibina karena ada nya kemauan antara suami dan istri , mungkin saja ia sudah tidak menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya bersama Anang tetapi perbuatan nya juga tidak bias dibenarkan karena yang paling terpukul adalah anak-anak dan mental batin mereka terguncang. Jadi sebelum melakukan sesuatu hendaknya kita memmikirkan perasaan orang terdekat kita yang saying pada kita , jangan sampai hubungan yang baik dirusak dengan perilaku kita yang tidak baik , mereka tentu mendukung kita tetapi mungkin jiwa mererka amat terguncang. Kalau memang tidak suka ya langsung bilang jujur lebih baik daripada menyakiti dari belakang.

Melysa Andry mengatakan...

Nama : Melysa Andry
Kelas / Nomor : XII IPA 5 / 35

*Wacana 4 : Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi .. Tapi, Aksimu ?

Sanggahan :
Menurut saya, kehadiran Miyabi ke Indonesia tidak harus dipermasalahkan. Memang masyarakat Indonesia mengenal sosok Miyabi sebagai pemain film porno yang terkeal. Namun, saat ini Miyabi datang ke Indonesia bukan untuk syuting film porno. Miyabi datang ke Indonesia untuk syuting film komedi. Menurut saya, kedatangan Miyabi ke Indonesia justru akan mendongkrak dan membangkitkan sektor perfilman dan sektor pariwisata di Indonesia. Film yang akan dibintangi Miyabi ini mungkin akan diputar di negara lain seperti Jepang , negara asal Miyabi , sehingga nama Indonesia tentu akan semakin terkenal di mata internasional. Lagipula, sebelum suatu film diedarkan di kalangan masyarakat, tentunya fim tersebut akan diseleksi oleh Badan Sensor Indonesia sehingga tentunya film Miyabi tidak akan mengganggu norma dan nilai yang telah berlaku di Indonesia.

* Wacana 7 : Jangan Salahkan Qory Sandrioriva , Dia Hanyalah Korban .

Sanggahan :
Saya tidak setuju dengan pendapat Madi Hakim bahwa Qory rela mengorbankan ajaran agama yang luhur sifatnya, dan menukarnya dengan sesuatu yang bersifat materi. Menurut saya, apa yang telah dilakukan Qory merupakan suatu pengorbanan besar demi daerahnya. Seperti yang telah dikatakan Qory sebelumnya, motivasinya menjadi Puteri Indonesia adalah untuk memperkenalkan budaya Aceh kepada masyarakat Indonesia. Meskipun demi mencapai hal tersebut, Qory harus melepaskan jilbabnya,
Saya rasa setiap orang mempunyai hak untuk berekspresi dan meraih cita-citanya sendiri. Tidak ada satu orang pun yang berhak melarang Qory melepaskan jilbabnya karena itu merupakan hak asasi Qory. Qory berhak memilih sendiri, tanpa desakkan maupun cercaan dari orang lain. Apalagi tujuannya adalah untuk memperkenalkan budaya Aceh, Seharusnya kita mendukung Qory untuk mewujudkan misinya tersebut. Selain itu, menurut saya, jilbab bukanlah ukuran iman seseorang. Iman seseorang diukur dari perilaku sehari-harinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Maria Ellsa Primayana mengatakan...

Nama : Maria Ellsa Primayana
Kelas : XII IPA 5/ 31

*Wacana 4 : Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi… Tapi, Aksimu?
Sanggahan :
Memang kedatangan Miyabi ke Indonesia terkesan sangat mengejutkan kita semua terutama karena latar belakang pekerjaan yang ditekuninya yaitu seorang bintang film porno. Namun tidakkah kita sebaiknya menanggapi masalah ini dengan kepala dingin dan mencari jalan keluarnya dengan berfikir positif tanpa perlu melakukan tindakan anarkis seperti berdemo. Kedatangan Miyabi ke Indonesia adalah untuk melakukan syuting film komedi bukan film porno. Jadi kita tidak perlu panik dan merasa resah terhadap kedatangan Miyabi ke Indonesia.
Selain itu, dalam menjalankan pekerjaannya sebagai bintang film porno ia lakukannya diluar negara kita. Perkara penonton terbanyak berasal dari Indonesia bukan merupakan kesalahan Miyabi. Untuk itu perlu ditumbuhkan rasa kesadaran dan malu kepada putera dan puteri Indonesia terhadap negara lain dengan “prestasi” yang mereka torehkan. Dalam hal ini, bukanlah Polisi yang harus bertindak melainkan BSF(Badan Sensor Film) yang harus benar-benar mengkaji ulang film ini yang melibatkan Miyabi sebagai pemerannya. Dan apabila film tersebut layak dan mempunyai pesan bagi kita semua kenapa tidak kita biarkan saja film tersebut dibuat yang terpenting Miyabi tidak membintangi film porno dinegara kita.


*Wacana 7 : Jangan Salahkan Qory Sandrioriva, Dia Hanyalah Korban….
Sanggahan :
Pada dasarnya ajang Puteri Indonesia diadakan untuk mengangkat harkat dan martabat puteri-puteri Indonesia yang memiliki 3B (Beauty,Brain,Behaviour). Kecantikan secara fisik merupakan salah satu syarat untuk ikut dalam ajang ini. Setiap puteri diharapkan dapat bekerja secara professional dan tetap menjaga penampilan apabila terpilih menjadi Puteri Indonesia termasuk Oory Puteri Indonesia 2009.
Oory pasti sudah mempuyai pertimbangan tersendiri terhadap keputusannya untuk melepas baju muslimah dalam mengikuti ajang Puteri Indonesia 2009. Biarlah itu menjadi urusan pribadi antara Oory dengan Tuhan. Apabila kita menghujat dan mengatai tentang perilaku Oory sebaiknya kita harus berkaca diri dan menyadari bahwa kita semua pernah melakukan kesalahan cuma bedanya tidak tersorot kedunia luar secara besar-besaran. Bukan berarti dengan menanggalkan pakaian muslimahnya, Oory melupakan Tuhannya. Selain itu, iman seseorang bukan hanya diukur melalui tindakan nyata secara fisik melainkan juga melalui hati yang hanya diketahui oleh orang itu sendiri.

CARINA EKA BLOG mengatakan...

Nama :Carina Eka Puspita
Kelas:XII.IPA.5/10


*Wacana 2
Bercinta Pun Takut Dibilang Salah

Sanggahan:
Tanggapan saya pada wacana nomor 2
ini,mungkin istri bapak tersebut
sedang berada di bawah tekanan
sehingga bisa bersikap seperti itu.Seharusnya si Bapak mencari tahu permasalahan yang dihadapi istrinya,bukan justru membuat jarak dengan istrinya,sehingga bisa mengurangi sikap anarkis dari istrinya itu.Tetapi apabila kita ingin memberikan suatu pndapat pada orang lain,hendaknya kita tidak boleh memberikan pendapat dengan kata-kata yang kasar,karena dengan ucapan kita yang sebenarnya memang bisa dianggap sepele,tetapi bisa saja bisa membuat tersinggung.


*Wacana 9
KD Sang Diva Dalam Cobaan


Sanggahan:
Tanggapan saya pada wacana nomor 9 adalah kasus perselingkuhan yang menimpa KD bukan cobaan bagi kehidupannya,tetapi itu karena kesalahannya sendiri yang mencoba bermain api.Jadi,KD memang wajar menghadapi situasi seperti ini.Seharusnya KD tidak berbuat tindakan seperti itu,karena dari kesalahannya tersebut membuat rumah tangganya yang terjalin cukup lama,putus ditengah jalan.KD pun harus sadar dengan perbuatannya tersebut dan tidak mengulanginya lagi.

CARINA EKA BLOG mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mezal mengatakan...

Nama : M. Mezal R.D.
Kelas : XII IPA 5
Absen : 29

Wacana 4
Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi… Tapi, Aksimu?

Memang benar Miyabi itu terkenal akan film pornonya, tetapi apakah itu cukup untuk menjadi alasan sebagian masyarakat untuk menentang kedatangannya ke Indonesia? Saya rasa hal ini tidak tepat karena alasan kedatangan Miyabi ini adalah untuk menjadi pemeran salah satu film dengan gendre komedi. Sang penulis berjanji tidak akan memasukkan unsur pornografi di dalam film tersebut. Saya juga yakin akan apa yang dikatakan sang penulis film karena saya sudah membaca karya-karya ciptaanny dan hal itu tidak memiliki unsur pornogrofi. Jadi menurut saya tidak seharusnya kita memperlakukan Miyabi seperti itu karena Miyabi datang ke Indonesia dengan tujuan berperan di dalam film komedi.


Wacana 7
Jangan Salahkan Qory Sandrioriva, Dia Hanyalah Korban….

Saya tidak setuju dengan wacana di atas karena seseorang ingin menjadi Putri Indonesia bukan semata-mata karena materi. Mengapa demikian ? Kita dapat melihat keadaan ekonomi keluarganya, mereka bukanlah keluarga yang berada dibawah garis kemiskinan. Jadi salah apabila Anda mengatakan bahwa Qory ingin menjadi Putri Indonesia dengan alasan materi. Selain itu mengapa ia rela membuka jilbab ? Saya rasa itu tidak ada salahnya karena berjilbab adalah budaya yang dimiliki umat Muslim. Belum tentu mereka yang berjilbab lebih beragama daripada mereka yang tidak berjilbab. Jadi menurut saya tidak kita tidak boleh menyalahkan Qory karena ia mau membuka jilbab karena dirinya sendiri. Kita juga tidak bisa mengatakan Qory adalah korban, karena Qory melepaskan jilbab karena kemauannya sendiri

Riska Utami mengatakan...

Nama : Riska Utami
Kelas : XII IPA 5
Absen : 40

5. Sanggahan isi wacana berjudul “Odong-odong, Sebuah Oase Perkotaan” oleh Robjanuar :

Odong-odong bukanlah permainan yang bermanfaat bagi anak-anak walaupun anak-anak selalu meminati permainan ini. Bagi saya odong-odong hanyalah permainan yang memberikan kesenangan sesaat dan tak ada manfaat lain yang didapatkan dari permainan ini. Dalam segi biaya, saya kira biaya yang dikeluarkan untuk bermain odong-odong itu sendiri tidak setara dengan manfaat yang didapatkan. Orang tua harus mengeluarkan uang sebesar Rp 1.000,00 untuk waktu bermain hanya sekitar tiga sampai lima menit. Belum ditambah dengan rengekan-rengakan manja anak-anak yang ingin bermain odong-odong lagi, tentunya orang tua harus mengeluarkan uang Rp 1.000,00 lagi dan lagi.

Ada baiknya orang tua memberikan mainan yang lebih bermanfaat untuk anak-anaknya, seperti bola, buku cerita, alat musik atau permainan-permainan lainnya yang dapat mengembangkan kemampuan otak anak.

Coba anda bandingkan, dengan memberikan sebuah buku cerita kepada anak-anak. Selain buku dapat dibaca berulang-ulang kali, buku tersebut tentunya akan memberikan pengetahuan-pengetahuan kepada anak-anak. Dan apabila mainan yang diberikan sesuai dengan minat dan bakat anak-anak, tentu ini akan memberikan dampak yang lebih positif ke depannya.

Sebagai contoh, Budi diberikan bola oleh ayahnya ketika ia berulang tahun yang ke-10. Ayahnya memberikan bola tersebut karena tahu bahwa Budi sangat suka bermain bola dan memiliki bakat sejak ia masih kecil. Budi tentunya akan semakin sering melatih keahliannya dalam bermain bola dengan hadiah yang diberikan oleh ayahnya tersebut. Apabila kemampuan Budi ini terus-menerus dikembangkan dan didukung, tentunya ia akan berpeluang untuk menjadi pemain bola terkenal di masa yang akan datang.

Jadi, kesimpulannya menurut saya, odong-odong bukanlah permainan yang bermanfaat bagi anak-anak.


6. Sanggahan dari isi wacana yang berjudul “Over and Over” oleh Pepih Nugraha :

Over and over adalah sebuah lagu yang disenandungkan oleh penyanyi bernama Nana Mouskouri pada tahun 1982.

Jujur saya tidak mengetahui lagu tersebut dan penyanyi yang menyanyikannya. Berdasarkan penjelasan yang saya baca dari wacana tersebut, lagu over and over ini adalah sebuah lagu cinta. Lagu cinta di zaman sekarang sudah banyak bertebaran dimana-mana sehingga tak ada ketertarikan saya untuk mengetahui lagu tersebut. Apalagi ditambah dengan kesan 80-an, yang dapat saya bayangkan hanya sebuah lagu cinta yang kuno dengan instrument-instrument lagu yang membosankan. Saya pikir tak ada keistimewaan dari lagu tersebut.

Kemudian dikatakan bahwa album yang berisikan lagu tersebut sangat susah didapatkan. Bagaimana mungkin sebuah lagu yang indah namun produksinya sangat susah ditemukan? Saya pikir lagu tersebut hanyalah lagu cinta biasa yang tidak begitu populer sehingga produksinya sangat dikit dipasarkan.

Anonim mengatakan...

Nama : Virginea D.J.
Kelas / No. Absen : XIIP5/ 44

Wacana 5
Odong- odong, sebuah Oase Perkotaan

Tanggapan :
Saya setuju dengan adanya permainan odong- odong. Karena permainan ini relatif murah dan tidak berbahaya. “ Odong – odong hadir seperti oase di tengah pasir gurun yang kering dan panas.” Saya rasa pernyataan tersebut benar. Pada zaman sekarang ini bagi anak- anak yang kurang mampu sulit sekali untuk mendapatkan mainan yang dapat menghibur hati. Odong- odong yang hadir di tengah masyarakat dapat mewujudkan keinginan banyak anak- anak khususnya anak anak yang kurang mampu, karena hanya dengan 1000 rupiah mereka sudah bisa merasakan kesenangan.
Saya kurang setuju dengan rumusan bahasa yang digunakan, karena ada beberapa yang tidak baku dan di tulis tidak dengan sebenarnya, seperti kata “jaman” yang seharusnya ditulis dengan kata “ zaman”

-----------------------------------

Wacana 6
Over and Over

Tanggapan:
Saya setuju dengan cara berpikir yang digunakan penulis karena ia menceritakan lgu kesukaannya dengan mencantumkan perasaan- perasaan yang ia rasakan , sehingga ketika saya membaca saya juga dapat merasakan apa yang ia rasakan.
Tetapi saya kurang setuju dengan penggunaan bahasa yang ia gunakan, karena ia banyak menggunakan kata- kata yang tidak baku seperti:
I see the light of love in your eyes, love is forever, no more good bye
Here in your arms the world’s far away, here in your arms forever I’ll stay
Kalimat di atas seharusnya di tulis dengan cetak miring atau di garis bawahi atau di beri tanda petik , karena merupakan teks lagu dalam bahasa Inggris .
Kemudian terdapat “o ya” sebenarnya kata tersebuat dapat diganti sehingga akan lebih baku lagi.

handyanto mengatakan...

Nama : Hanndyanto
Kelas/no.absent : XII IPA 5 / 25

*Wacana 3 :Zikir pengiring Acara Kontes Bikini

Sanggahan :
Saya kurang setuju dengan peryataan ayahanda Qory yang mengatakan "Saya sangat bangga pada anak saya yang manja ini bisa juga menjadi nomer satu" kata-kata dari ayah Qory ini seakan-akan menjelaskan bahwa anak yang manja tidak dapat menjadi sesuatu yang berguna,saya sangat tidak setuju,karena menurut saya anak yang manja tidak akan selamanya manja,dan juga kata-kata manja itu hanya di peruntukan untuk anak kecil,dan sudah banyak anak yang dulu nya manja sekarang menjadi sukses.Tidak sepantasnya,ayahanda Qory mengatakan itu di depan publik,mengigatsekarang Qory adalah seorang Putri Indonesia,kata-katanya itu bisa membuat reputasi Qory d mata publik rusak.
Saya juga tidak setuju dengan pernyataan Qory yang menggatkan "saya siap di kritik"."siap di kritik" kata-kata ini menyatakan bahwa Qory menantang orang-orang yang dulu pernah mengkritik Artika Sari Dewi yang juga dulu pernah menjadi Putri Indonesia.Pernyataan ini juga tidak baik di lontarkan oleh seorang Putri Indonesia,karena seakan-akan menunjukan kesombongan.
"Zikir bersanding dengan kontes busana bikini"
Zikir adalah Pujian kepada ALLAH.Sehingga saya tidak setuju dengan pernyataan zikir bersanding dengan kontes berbusana bikini,karena menurut saya apakah pantas sebuah pujian yang seharusnya suci,bersih,disandingkan dengan sebuah kontes yang di mata masyarakat terutama kaum muslim adalah sesuatu yang berbau pornografi dan dianggap sesuatu yang berbau negatif.Itu sama saja dengan melecehkan TUHAN.

*Wacana 8 :Obama Prorakyat, Pengguna Internet Bersorak!
Sanggahan:
Saya tidak setuju dengan peryataan dari dari seorang analis dari Craig Moffert yang mengatakan"Risiko membuka layanan nirkabel ini tidak mungkin akan menghentikan konsumen menggunakan layanan bicara dan teks gratis,sehingga membuat perusahaannya merugi".Kata-kata "risiko" seakan-akan mengatikan membuka layanan internet gratis adalah sesuatu yang negative.Menurut saya dengan adanya internet gratis itu dapat membuat semua orang di dunia bisa mengakses internet dan memperluas persahabatan ataupun bisnis.Meskipun perusahaan sangat di rugikan dengan adanya program ini,tapi inilah yang disebut dengan persaingan dalam bisni.Lawan bisnis akan mengerahklan segala cara untuk menjatuhkan lawan bisnisnya yang lain.
Saya tidak setuju dengan pidato yang dibacakan oleh Presiden Barrack Obama yang mengatakan,"pemerintah harus membuat dasar-dasar aturan yang bisa diterima bersama untuk menjamin lapangan bermain yang setara bagi para pengguna internet".Pernyataan pidato Obama ini seakan-akan ia tidak mau ikut campur dalm masalah ini,sehingga ia menyuruh negara-negara lain untuk membuat dasar-dasar aturan yang bisa diterima bersama umtuk menjamin lapangan bermain yang setara bagi para pengguna internet.Saya rasa seorang Presiden dari negara Amerika Serikat yang disebut sebagai negara super power berpidato sesingkat dan tidak menyelesaikan sekecil masalahpun.Padahal negara Amerika Serikat yang terkenal dengan negara super power bukan lah hanya sebuah kata-kata isapan jempol semata,karena di Amerika Serikat terdapat sistem teknologi dan sistem pemerintahan yang luar biasa,sehingga pidato Presiden Barrack Obama setidaknya dapat memberitahukan apa yang seharusnya dilakukan,bukan hanya sekedar pidato yang tidak berinti.

Joas V.D. mengatakan...

Nama: Joas Vinsensius Davian
Kelas/no.absent:XIIP5/16

Tanggapan wacana 3

Dari cara berpikir penulis, saya mendapatkan pemikiran yang kritis dan tepat sasaran terhadap masalah yang dibahas. Memang penggunaan bikini di dalam acara pemilihan seperti itu sudah biasa diadakan. Hal ini karena mereka menganggap penggunaan bikini bukanlah hal yang tabuh di dalam kehidupan mereka. Namun itu Budaya barat. Bagaimana dengan kita yang berbudaya timur, yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, terlebih lagi masalah berpakaian.

Disamping budaya timur yang kita anut, Indonesia juga merupakan Negara berbasis Islam. Dasar-dasar agama Islam juga turut membangun Negara ini. Terlebih lagi Qory berdomisili di D.I Aceh yang kita kenal sebagai serambi mekkah, dimana seharusnya kental akan ajaran-ajaran agama Islam. Jadi pertanyaan terbesar kita adalah apakah perlu mengorbankan adat dan agama kita demi nama baik bangsa?
Hal ini lah yang harus Qory jawab sebagai warga negara Republik Indonesia dan juga sebagai seorang muslim yang beradat timur.

Dari segi pengolahan kata-kata sepertinya telah cukup baik, pemilihan kata baku dan halus, walaupun memiliki arti yang dalam.

Tanggapan wacana 8

Menurut saya pemerintah Amerika serikat pasti memiliki alasan yang kuat untuk membuka layanan telekomunikasi seperti yang telah ia lakukan.
Di samping banyak pihak yang dirugikan, hal ini juga dapat memberi dampak buruk bagi amerika sendiri. Namun sepertinya hal ini belum cukup membendung keinginan para rakya Amerika untuk mendapatkan jaringan telekomunikasi yang transparan dalam pengoprasionalannya.
Hal ini sebaiknya perlu dipertimbangkan pemerintahan Indonesia. Pengaruh Obama di rakyatnya sangat kentara, semua pihak kooperatif dengan apa yang ia ajukan sebagai seorang presiden.

Dari segi bahasa masih ada ungkapan-ungkapan ekspresi yang membantu kita untuk lebih mengerti apa yang penulis ingin sampaikan.

Dede Wiguna mengatakan...

Nama : Dede Wiguna
Kelas / No.absent : XII IPA 5 / 15

Wacana 2: Bercinta Pun Takut Dibilang Salah
Oleh Mariska Lubis - 13 Oktober 2009
Sanggahan: Saya mempunyai pendapat setuju dan tidak setuju pada wacana di atas.
Saya tidak setuju dengan perilaku wanita. Meskipun ia mempunyai wajah yang cantik, pintar, rajin beribadah, seharusnya dia tidak mengkritik, mencaci-maki, bahkan menjelek-jelekkan orang lain karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terlebih jika ia pintar beribadah, seharusnya dia juga menerapkan ajaran agama itu dalam kehidupan sehari-hari.
Namun, selain tidak setuju, saya mempunyai pendapat setuju dengan keputusan suami itu agar bertindak tegas dan menyuruh istrinya untuk pergi ke psikolog bersama-sama serta menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan terus berusaha.

----------------------------------
9. KD Sang Diva dalam Cobaan
Oleh Suhandi Taman Timur - 12 Oktober 2009
Sanggahan: Saya tidak setuju dengan perilaku KD ini. Meskipun dia disebut diva Indonesia dan dikenal masyarakat sebagai pribadi yang sukses, seharusnya ia tidak melakukan perselingkuhan itu, apalagi dilihat oleh anak-anaknya. Hal itu akan merusak mental dan moral anak-anaknya yang masih tumbuh berkembang. Sebaiknya jika ada permasalahan dalam keluarga KD, harusnya diselesaikan baik-baik dan tidak diungkit-ungkit di dalam masyarakat karena kita tahu, bahwa sosok selebriti adalah sosok yang menjadi panutan bagi penggemarnya dan seharusnya mereka mencerminkan pribadi yang baik.

Palembang, 27 Oktober 2009

Amelia Sevira mengatakan...

Nama : Amelia Sevira
Kelas : XII IPA 5
No. Absen : 04

Sanggahan terhadap wacana 1 : “Indonesia Masih Berorientasi Pancasila?”

Saya setuju dengan pernyataan penulis bahwa Indonesia tidak boleh meniru apalagi mengikuti Amerika Serikat. Indonesia harus memiliki pendirian serta memiliki kesadaran bahwa Indonesia merupakan negara yang berorientasi pada Pancasila, negara yang beragama juga bermoral. Jika HAM Amerika Serikat memberikan hak kepada kaum gay atau lesbian apalagi masuk militer AS, jelas Indonesia harus menanggapi bahkan menolak akan hal itu. Mengapa ? Kita tahu, Indonesia merupakan Negara yang sebagian penduduknya beragama Islam, dimana umat muslim melarang adanya pernikahan sesama jenis antara kaum gay dengan kaum gay, juga lesbian. Tidak hanya agama Islam, sebenarnya agama lain juga berpandangan sama mengenai pernikahan sesama jenis tersebut. Tidakkah Amerika Serikat berpikir bahwa kaum gay ataupun lesbian berdampak negatif bagi negara ? Itu sama saja Amerika membiarkan bangsanya menjadi bangsa yang tidak bermoral juga tidak berbudaya. Moral bangsa menjadi terombang-ambing dalam suatu perkara yang sebenarnya tidak penting, juga merugikan bangsa. Lucunya, Pemerintah dengan dasar Pancasila di Indonesia tidak menanggapi pencabutan larangan manusia gay hidup sebagai gay di militer dan juga sebagai sipil di Amerika. Itu berarti Indonesia secara tidak langsung setuju akan hal tersebut. Lalu, bagaimana dengan bangsa yang sebagian warganya merupakan umat muslim ? Sungguh, Indonesia tidak berpikir kritis akan masalah ini. Boleh jadi ini masalah sepele, namun sebenarnya ini merupakan masalah yang berat, yang dikaitkan dengan Pancasila Negara Indonesia sebagai landasan hukum di Indonesia.
Mungkin, negara Indonesia berusaha berorientasi kepada Amerika, tetapi perlu ditekankan Indonesia harus berorientasi pada hal-hal positif, seperti budaya, sosial, politik, dll. Indonesia tidak boleh berorientasi kepada Amerika mengenai HAM Amerika. Indonesia mulai sekarang harus memilki kesadaran akan adanya Pancasila, dimana Pancasila merupakan landasan negara Indonesia . Indonesia juga harus memiliki pendirian, juga moral bangsa yang baik sehingga dari sanalah akan tercermin kualitas pribadi manusia yang sesungguhnya.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sanggahan terhadap wacana 10 : “Cara Rapper Saykoji Menyentil Malaysia”

Saya sangat setuju dengan penulis mengenai cara rapper Saykoji menyentil Malaysia. Jika dibayangkan ,saya amat sangat prihatin dengan Malaysia. Dulu, tempe yang diklaim, kemudian Reog Ponorogo. Sekarang, batik yang di klaim. Sungguh ironis jika dipikirkan. Setiap Negara itu punya kebudayaan masing-masing, punya asset negara yang bisa dibanggakan. Jika Padang saja punya Jam Gadang yang bisa dibanggakan, tidak mungkin Malaysia tidak memiliki asset satupun. Malaysia seharusnya sudah berbangga hati melihat Menara kembar Petronas berdiri megah di wilayahnya. Lalu, apa sebenarnya motif Malaysia mengklaim kebudayaan Indonesia ? Mungkin saja, Malaysia tidak sudi melihat negaranya kalah dari Negara Indonesia, dalam artian, Malaysia tidak pernah puas akan kebudayaan yang dimilikinya. Jujur, itu motivasi yang sangat bagus, tetapi jelas cara Malaysia mengklaim kebudayaan lain dinilai sangat memprihatinkan, bahkan dinilai merugikan Negara lain. Ironisnya lagi, bukan hanya kebudayaan saja yang nyatanya diklaim. Lagu juga ternyata diklaim. Jelas saja Saykoji yang lagunya ditiru oleh penyanyi Malaysia marah besar. Saya rasa, langkah Saykoji yang tidak mau bertindak lembek seperti pemimpin negeri ini dalam menanggapi pencurian budaya oleh negara lain sangat tepat. Saykoji benar-benar mengkritik keras melalui lagu Copy My Style (Again) yang ternyata sangat didukung oleh masyarakat Indonesia. Liriknya yang kental akan sindiran sungguh mampu menembus hati masyarakat. Semoga saja Malaysia sadar akan perbuatannya dan jera.

Erryan mengatakan...

Nama : Erryan
Kelas : XII IPA 5
No : 18


Wacana 2 : Bercinta Pun Takut Dibilang Salah

Saya setuju sekali, apabila si suami mau pergi ke psikolog atau semacamnya. Dan lebih bagusnya memang apabila dia bisa pergi dengan istrinya. Karena dalam hal ini, sang suami takut untuk membicarakan hal yang dia alami, yaitu yang dimaksud dengan impoten, dan dia tidak bisa bercinta dengan istrinya itu. Mungkin, dengan bantuan psikolog tadi, mereka bisa menemukan jalan keluar, sehingga si “adik” kecil bisa berdiri lagi dan mereka bisa bercinta sebagaimana yang mereka idamkan. Mereka bisa meninggalkan dahulu masalah luar, atau masalah kerja mereka masing-masing, sehingga ada waktu bagi mereka untuk berdua dan menyelesaikan “masalah” ini. Begitu menurut saya, sebaiknya memang sepasang suami istri ini pergi bersama ke psikolog.

Wacana 9 : KD Sang Diva dalam Cobaan

Jujur saja, saya sangat tidak menyukai perlakuan KD terhadap suaminya Anang. Mengapa mesti selingkuh? Apapun alasannya, sebagai istri yang baik dan setia, tidak mungkin seorang istri akan selingkuh dari sang suami. Tidak heran dan tidak diragukan bila Anang mengeluarkan talak 1 untuk KD. Karena perbuatan KD sendiri sudah tidak baik. Bagaimana nanti dengan anak-anak mereka? Apakah sang diva memikirkannya? Sama atau tidaknya KD dengan Liza Taylor, tetap saja perbuatan KD disebut selingkuh dan itu sungguh memalukan dan tidak baik, bahkan membuat gelar DIVA yang telah diberikan untuk KD patut dicabut. Meskipun Anang telah membuat kesalahan yang bukan main besarnya, bukan berarti perlakuan selingkuh sudah dapat dilakukan. Sekali lagi saya sangat-sangat tidak setuju dengan KD, dan saya setuju dengan sang suami yaitu Anang.

Brian Lie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Brian Lie mengatakan...

NAMA : BRIAN LIE
KELAS : XII IPA 5
NOMOR ABSEN : 09

Wacana 1

Saya sependapat dengan penulis yang menyatakan bahwa kaum homoseksual seperti gay dan lesbian seharusnya tidak dilegalkan di Amerika. Kaum homoseksual memang secara harafiah dilindungi oleh HAM, mempunyai hak untuk hidup dan membela diri, akan tetapi kaum homoseksual yang dianggap cacat mental ini secara umum tidak diterima oleh masyarakat. Beberapa agama seperti agama Islam sangat menentang perilaku homoseksual. Namun bukan berarti pada zaman ini semua orang yang homoseksual harus dimusnahkan. Pada zaman sekarang ini HAM yang sesungguhnya tentu saja melindungi segenap umat manusia tanpa terkecuali. HAM tidak membenarkan genosida, termasuk pemusnahan manusia yang homoseksual, karena bertentangan dengan kaidah manusiawi. Pernah saya memperhatikan beberapa situs dan forum di internet membahas masalah homoseksual (homosexuality), orang-orang yang terlibat di sana mendukung pemusnahan massal kaum homoseksual. Pemikiran seperti itu sangat memprihatinkan bagi para pengamat sosial. Pemikiran itu sejalan dengan pemikiran kaum Jerman Nazi, yang pada masa Perang Dunia II hendak memusnahkan kaum Yahudi dan homoseksual, untuk memurnikan keturunan bangsa Jerman.

Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa kaum homoseksual hendaknya tidak ditanggapi secara negatif, namun dapat pula mereka yang mengidap cacat mental seperti ini diterapi secara psikologis. Dengan begitu mudah-mudahan kegelisahan masyarakat dapat berkurang.

Wacana 10

Sikap Rapper Indonesia Saykoji terhadap perbuatan Malaysia ini sangat saya setujui. Sejak awal dekade ini, semakin banyak pemuda-pemudi bangsa kita yang semakin geram dengan tindakan klaim negara tetangga kita Malaysia. Bahkan tidak jarang kita melihat demonstrasi mahasiswa atau pemuda-pemudi bangsa yang mengutuk keras aksi klaim Malaysia setiap kali negara Melayu tetangga kita ini melancarkan aksi klaimnya terhadap budaya Indonesia. Dalam demonstrasi ini bahkan, sering kita jumpai bendera Malaysia yang diinjak-injak kemudian dibakar. Hal ini mencerminkan pemuda-pemudi bangsa sudah sangat kesal dengan tindakan Malaysia, bahkan jika pemerintah waktu itu tidak mengontrol aktivitas golongan muda di Indonesia ini, perang dapat berkecamuk.

Namun di samping menggelar aksi demonstrasi, ada bentuk dukungan juga dapat kita lihat. Salah satu contohnya adalah sikap rapper Indonesia Saykoji ini. Melalui musik ia menyesalkan tindakan dari negara Malaysia yang membiarkan rakyatnya mengklaim lagu yang telah ia buat dengan susah payah. Pelepasan lagu ini ke internet, dengan digratiskan, dapat membuat malu Malaysia. Dengan begitu dukungan terhadap tindakan protes klaim Malaysia dapat ditingkatkan dari dalam maupun luar negeri.

Tetapi di samping semua hal yang telah disebutkan di atas, sikap klaim Malaysia terhadap beberapa budaya di Indonesia perlu kita tanggapi secara positif, jangan semerta-merta menginginkan perang hanya karena perbuatan mereka mengklaim budaya-budaya Indonesia. Sikap Malaysia yang mengklaim budaya-budaya kita telah membangkitkan semangat pemuda-pemudi untuk melestarikan budaya yang diklaim milik Malaysia, sehingga perhatian kita terhadap budaya bangsa kita sendiri tidak terabaikan. Hal ini berarti negara tetangga kita Malaysia bukan bermaksud buruk, melainkan bermaksud baik, mereka hendak membantu melestarikan budaya kita supaya jangan sampai hilang ditenggelamkan zaman. Sikap klaim budaya Malaysia ini sebenarnya sekaligus merupakan tamparan bagi kita, betapa kita tidak memberikan perhatian penuh untuk melestarikan budaya kita sendiri. Pernyataan ini juga diperkuat dengan hubungan antara sikap klaim Malaysia ini dan logika. Sebagian besar budaya Indonesia sudah diakui di seluruh dunia, namun mengapa Malaysia masih saja mengklaim seperti tidak ada orang yang memperhatikan? Berdasarkan hal ini, hendaklah kita menanggapi positif sikap Malaysia ini, meskipun beberapa sikap klaim negara Melayu ini seperti klaim lagu Saykoji oleh rapper asal Malaysia, tidak dapat ditoleransi karena secara terang-terangan melanggar hak cipta.

ghea teresa mengatakan...

Nama : Ghea Teresa
Absen : 24

sanggahan waacana 3:
Saya setuju dengan pendapat yang dikeluarkan oleh Qory bahwa ia siap untuk dikritik. Itu artinya, ia rela melakukan apa saja untuk membanggakan Indonesia di mata dunia. Saya rasa, menggunakan pakaian bikini itu adalah hal yang biasa, asalkan dipakai sesuai dengan tempatnya. Apalagi menggunakan pakaian
bikini dalam ajang Miss Universe. Untuk apa diadakan kontroversi? Toh itu bukan ajang pornografi. Seharusnya kita bisa mendukung niat salah satu anak bangsa. Kalau ia bisa memperebutkan mahkota itu, siapa juga yang akan bangga? Kita juga kan? Nama Indonesia lah yang akan dibawanya. Marilah kita sebagai rakyat Indonesia mengubah pandangan kita terhadap ajang Miss Universe. Kita tahu bahwa itu adalah ajang kecantikan perempuan sejagad. Jadi, saya kira tidak ada yang perlu dikontroversi. Kemenangan Qory sangat bergantung pada dukungan kita. kalau kita mendukung Qory dengan sepenuh hati, Qory pun akan memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi, dan peluang untuk menang pun besar.

sanggahan wacana 8 :
Saya kurang setuju dengan keputusan yang telah dibuat. Sebab, kita tahu bahwa belum tentu semua masyarakat dapat mempergunakan internet dengan sebaik-baiknya. Apalagi menggunakan kekuasaan untuk melakukan regulasi baru yang akan memberatkan pihak lain. Kita tahu, tujuan mereka sebenarnya ingin membantu kita. Tetapi apa tidak sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu apa dampak yang akan timbul dari keputusan mereka. Apakah itu dampak positif, ataukah dampak negatif. kalau dampak positif yang akan muncul, barulah dijalankan tujuan itu. Tetapi apabila dampak negatif yang akan muncul, sebaiknya jangan dilaksanakan. Sebab, kalau dampak negatif itu muncul, negara yang bersangkutan lah yang akan malu. Jadi, lebih baik dipikirkan dulu matang-matang, apakah keputusan tersebut memang berguna atau tidak bagi masyarakatnya.

Melisa Octavia mengatakan...

Nama : Melisa Octavia
Kelas/No. ABsen : XII IPA 5 / 34

Wacana 4 : Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi… Tapi, Aksimu?

Saya tidak menyetujui apa yang dikatakan oleh penulis yang tidak setuju berkaitan dengan kedatangan Miyabi. Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini nama Miyabi menjadi bahan pembicaraan publik karena isu kedatngannya ke Indonesia . Akan tetapi saya mengherankan kepada para demonstran yang menentang kedatangan Miyabi ke Indonesia. Mereka menentang kedatangan Miyabi yang begitu terkenal dengan predikat artis film porno, tapi mengapa hal itu harus dijadikan konflik? Menurut berita, Kedatangan Miyabi ke Indonesia hanya untuk bermain film berjudul Menculik Miyabi yang sama sekali tidak ada unsur porno nya. Maka dari itu kedatangan Miyabi seharusnya di pandang sebagai sesuatu yang positif. Selain itu hal ini akan memperkecil konflik yang ada sehingga tidak menjadi masalah yang berkepanjangan.

Wacana 7 : Jangan Salahkan Qory Sandrioriva, Dia Hanyalah Korban…

Saya tidak menyetujui apa yang dikatakan oleh penulis yang setuju dengan Qory Sandrioriva melepas busana muslimahnya demi meraih gelar Putri Indonesia 2009. Bagi saya , tidak sepantasnya ia melepas busana muslimahnya hanya untuk meraih gelar Putri Indonesia 2009 saja. Karena dalam Islam , wanita diwajibkan untuk menutup auratnya . Dan Qory Sandrioriva jelas-jelas tidak patuh terhadap segala aturan agama yang di anutnya. Hal ini dapat memberikan contoh yang tidak baik kepada seluruh masyarakat yang menontonnya.

Christoforus mengatakan...

Nama: Christoforus Sugito
Kelas/No.abs: XII IPA 5 / 11

Wacana 2 :Bercinta Pun Takut Dibilang Salah
Saya tidak setuju dengan pandangan sang suami dan perilaku sang istri.
Pandangan sang suami yang melihat istrinya sebagai kuntilanak sangatlah tidak logis. Kalau sang suami benar-benar menyayangi istrinya, ia tidak akan menghindar saat istrinya sedang membicarakan orang lain secara subyektif. Sebaliknya, sang suami sebagai kepala keluarga harus berani untuk mengingatkan secara perlahan kepada istrinya. Melarikan diri terus-menerus hanya akan menimbulkan salah paham dan mungkin saja bisa mengakibatkan pertengkaran di antara mereka.
Dan juga perilaku sang istri sangatlah egois. Selalu melihat kesalahan pada orang lain, namun tidak dapat menyadari kesalahan dari dirinya sendiri. Sikapnya yang sangat difensif dan juga agresif tentu saja akan membuat suaminya menjadi takut untuk menyelesaikan masalahnya. Sang istri hanya ingin menjadi sempurna, tetapi ia tidak menyadari caranya untuk mencapai kesempurnaan itu telah menyiksa suaminya.
Namun saya setuju dengan pendapat sang suami untuk pergi ke psikiater. Sang istri harus dibujuk pelan-pelan agar tidak tersinggung atau bisa saja sang suami yang lebih dulu mengkonsultasikan masalahnya agar permasalahan dalam keluarganya dapat selesai dan semua orang bahagia.

--------------------------------

Wacana 9 :KD Sang Diva dalam Cobaan
Sungguh ironis melihat kelakuan dari sang diva, KD. KD mencoreng nama baiknya dengan kelakuannya sendiri. Saya tidak setuju dengan pendapat dari wacana mengenai KD membuktikan dirinya sebagai diva sesungguhnya bila dapat mempertahankan karirnya dari terpaan kehidupan pribadinya. Terdapat pepatah 'tak ada gading yang tak retak', namun pribadi KD hanya menunjukkan dirinya sebagai diva panggung, bukan diva sesungguhnya. Menurut saya, diva yang sesungguhnya mempunyai talenta baik dan pribadi yang baik pula. Diva yang sesungguhnya tidak mungkin melakukan perselingkuhan, bahkan di depan anaknya sendiri tanpa menyadari hal itu akan dapat merusak karirnya.
KD adalah seorang diva dan aset berharga bangsa ini. Karya-karyanya yang terus mengalir pastinya akan selalu dinikmati masyarakat luas. Meski ia adalah seorang diva, akan lebih baik bila gemerlap karirnya dihiasi pribadinya yang gemerlap dalam hal positif. Sungguhlah sayang apabila karirnya yang sudah sukses hancur berantakan dikarenakan oleh pribadinya yang buruk.

MELIA SUWADI mengatakan...

Nama : Melia / 33
Kelas : XII IPA 5

Wacana 4 tentang " Baru Aku Tahu Namamu,Miyabi...Tapi,Aksimu? "

Sanggahan pendapat :

Menurut pendapat saya tentang kedatangan Miyabi di Indonesia bukan merupakan masalah besar,karena kedatangan Miyabi hanya sebuah berita yang menarik bagi mereka para penggemar Miyabi.Di sisi lain,masyarakat sekarang sangat suka menilai orang lain dari sisi buruk tingkah laku jasmaninya saja,tanpa mengetahui alasan,tujuan serta faktor lain yang menjadikan seseorang mampu melanggar hukum maupun agama.Seperti yang dikatakan oleh Berthybrahawarin menurut penelitian dosen hukum tentang perkembangan dunia maya yaitu sebuah situs yang berisi tentang "dunia Miyabi and friends" mendapatkan "tamu"pengunjung terbanyak dari putera dan puteri Indonesia.Oleh karena itu kita seharusnya malu ,terhadap diri sendiri karena sebagai warga Indonesia telah membuat suatu masalah sendiri yang berusaha melemparkan kesalahan itu kepada orang lain.
Padahal Miyabi tidak mungkin datang ke Indonesia begitu saja,pasti ada beberapa pihak yang mengundangnya.Walaupun menurut kabar burung Miyabi seorang berkebangsaaan Jepang-Perancis yang menjadi bintang film porno terpopuler.Saya terkejut mendengar Miyabi seorang bintang film porno karena saya sendiri baru tahu Miyabi dari profil luarnya dari cerita orang.Namun,kita juga harus mendukung Miyabi karena telah bersedia memerankan salah satu peran di sebuah film komedi Indonesia.Dengan begitu ,Indonesia bisa mengembangkan negara untuk lebih maju dibidang perfilman yang positif.Selain itu kita tidak punya hak untuk menilai orang dengan seenaknya saja,karena setiap orang pasti punya alasan tersendiri atas tujuan hidupnya.
Maka kedatangan Miyabi sebaiknya menjadi masalah bagi mereka yang mengundangnya,dan kita sebagai generasi muda harus berfikir positif,bijaksana,logis.Hal itu dikarenakan sampai sekarang belum terdengar bahwa Miyabi merusak budaya Indonesia,bahkan masyarakat Indonesia sendiri yang mencari timbulnya masalah tanpa berfikir logis tentang fakta fenomenal yang ada.

MELIA SUWADI mengatakan...

Nama : Melia / 33
Kelas : XII IPA 5

Wacana 7 tentang "Jangan Salahkan Qory Sandrioriva,Dia Hanyalah Korban..."

Sanggahan pendapat :

Menurut pendapat saya tentang Qory yang dulunya berjilbab,namun sekarang hanya karena suatu kompetisi Miss Indonesia 2009 rela untuk membuka jilbabnya dengan penuh banyak pertimbangan dengan dirinya sendiri dan Tuhan.Di sini saya mempunyai sisi positif dan sisi negatif tentang masalah penampilan Qory sebagai seorang perempuan yang dikenal berjilbab.Jika kita lihat dari sisi yang positif,kita sebagai salah satu generasi muda harus bisa meneladani kepintarannya yang sungguh arif dan bijaksana serta kepandaiannya dalam berelasi dengan orang lain sehingga dapat diberikan suatu kepercayaan besar demi membawa budaya Indonesia di mata dunia,dimana sudah diperjuangkan Qory dengan kemampuaanya di usia belia ini sehingga berhasil menjadi yang terbaik.
Di sisi negatif tentang masalah yang dilontarkan oleh Madi Hakim bahwa Qory merupakan salah satu korban yang ikut dalam budaya kapitalis-konsumeris-materialis di negara Indonesia.Disini saya sependapat dengan Madi Hakim bahwa setiap orang pasti memiliki tujuan hidup sendiri dengan menggunakan cara mereka sendiri,walaupun orang lain berpendapat berbeda sehingga memunculkan pandangan buruk orang lain terhadap pribadi diri.Saya sependapat dengan Madi ,karena jika kita ingin menunjukkan kelebihan tentang kemampuan yang kita miliki,tidak perlu sampai mengubah penampilan diri kita yang asli,kesederhanaan dengan sikap percaya akan kemampuan sendiri itu lebih baik.
Selain itu sebaiknya kita jangan mencampurkan antara urusan kehidupan untuk negara dengan kehidupan yang bersangkutan kepercayaan masing-masing.Karena dua hal tersebut sampai kapanpun tidak bisa bersatu.Hal itu dikarenakan urusan kehidupan negara itu akan berhadapan dengan hukum yang berlaku jika melakukan pelanggaran,sebaliknya urusan kehidupan agama akan berhadapan dengan Tuhan yang diimaninya,jika melakukan pelanggaran hanya orang yang melanggar itu sendiri yang akan menerima akibatnya.Maka masalah Qory membuka jilbabnya biarlah dia sendiri yang memutuskan,karena Qory mempunyai hak atas kehidupannya.

Stefani Gunawan mengatakan...

Nama : Stefani Gunawan
Kelas : XII IPA 5
Absen : 41

Wacana 5 “ Odong-Odong, Sebuah Oase Perkotaan”

Saya sangat setuju apabila odong-odong dipertahankan dalam kehidupan kita.Odong-odong adalah permaian tradisional dan sederhana tetapi permaian ini dapat memberikan kesenangan dan kebahagiaan bagi semua anak. Anak-anak bisa menikmati permainan ini untuk melepaskan kebosanan dan untuk mencari hiburan. Zaman sekarang ini sudah jarang sekali ditemukan atau bahkan tidak ada mainan untuk anak. Hiburan yang mereka nikmati hanya tayangan-tayangan di televisi, sementara tayangan film untuk anak-anak sudah semakin sedikit. Kebanyakan tayangan yang disajikan adalah tayangan yang kurang berbobot. Isi acara setiap harinya hanya sinetron, gosip, serta tayangan-tayangan lain yang kurang mendidik. Selain itu, odong-odong bisa dimainkan siapa saja karena harga untuk menaikinya relatif murah. Baik orang kaya maupun orang menegah bisa mencoba menaikinya. Jadi, odong-odong harus terus dilestarikan karena merupakan media hiburan anak-anak dan ada baiknya bila diciptakan mainan-mainan lain seperti odong-odong untuk menghibur anak-anak.

Wacana 6 “ Over and Over”

Saya tidak setuju dengan sikap penulis yang terlalu terobsesi terhadap sesuatu. Segala sesuatu yang berlebihan akan membuahkan hasil yang tidak baik. Bila kita terlalu terobsesi terhadap sesuatu maka kita hanya melihat sisi yang baik saja. Kita akan menjadi buta akan sisi negatifnya padahal segala sesuatu yang dibuat manusia tidak ada yang sempurna. Selain itu saya tidak setuju dengan pernyataan “Cinta adalah sebuah bahasan yang tidak pernah bosan-bosannya kita diskusikan”. Menurut saya, permasalahan cinta yang kita hadapi selalu itu-itu saja. Justru itu akan membuat kita bosan dengan cinta. Setiap harinya kita hanya membicarakan cinta, cinta, dan cinta. Hal ini akan membawa pola pikir kita ke arah yang salah. Jadi, dalam mengagumi sesuatu kita tidak boleh berlebihan karena apa yang kita senangi belum tentu adalah hal yang paling benar.

Fanny Roselia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fanny Roselia mengatakan...

Nama :Fanny Roselia
Kelas/No. Absen :XII IPA 5/19

Tanggapan wacana 3 “Zikir pengiring Acara Kontes Bikini” :
Saya tidak setuju dengan wacana di atas yang mengatakan zikir dikumandangkan dalam kontes bikini. Menurut saya dalam mengumandangkan zikir tergantung pada konteks acaranya. Bila acaranya seperti yang dicantumkan dalam wacana tersebut yakni dalam kontes bikini, tentu mengumandangkan zikir dalam acara tersebut sangat tidak etis.Kontes bikini Kita tahu bahwa zikir itu membawa nama Tuhan. Nama Tuhan hendaknya tidak boleh dibawa sembarangan. Kalau Qory menang dalam kontes Miss universe, zikir boleh dikumandangkan dengan sewajarnya untuk mengucap syukur kepada Tuhan (walaupun kontes ini sangat erotis untuk seorang muslimah). Selain itu, tidak ada gunanya juga mengumandangkan zikir pada kontes bikini. Kontes bikini merupakan kontes yang bersifat erotis dalam pandangan Islam dan haram hukumnya. Sedangkan zikir merupakan ucapan syukur manusia kepada Tuhan. Jadi tidak ada gunanya kita mengumandangkan Zikir pada kontes bikini.
Selain itu, saya juga tidak setuju dengan wacana tersebut. Sepertinya pemikiran penulis dalam memandang Miss Universe adalah negatif. Hal tersebut terlihat dari cara pandang penulis yang menganggap kontes Miss Universe merupakan kontes bikini. Ajang Miss Universe seharusnya dipandang secara positif untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional bukan untuk dipandang secara negatif seperti yang diungkapkan pada wacana tersebut.


Tanggapan wacana 8 “Obama Prorakyat, Pengguna Internet Bersorak!” :
Saya tidak setuju dengan wacana tersebut.Dalam wacana tersebut, presiden merugikan banyak pihak, terutama beberapa perusahaan internet besar. Saya tahu, maksud dari Beliau adalah untuk membela hak konsumen. Namun, hal ini belum bisa diputuskan begitu saja. Hal ini akan berdampak pada penggunaan internet itu sendiri. Dan, bisa dilihat bahwa sepertinya Barrack Obama hanya mengambil keputusan itu secara personal, bukan dengan perundingan ataupun berdiskusi dahulu dengan para menteri ataupun pihak lain. Seharusnya, Beliau harus memikirkan secara matang-matang tentang apa yang Beliau bicarakan dan katakan, karena akan langsung berdampak pada pengguna. Misalnya saja, FCC langsung mengeluarkan proposal yang berisi regulasi baru, regulasi yang lebih berpihak pada konsumen dan pengguna internet. Hal ini sangat merugikan pasar. Bila hal ini diterapkan di Indonesia, hal ini sangat bersebrangan dengan Asas Demokrasi Pancasila yang dianut Indonesia, sebab dalam wacana tersebut, terlihat bahwa kekuasaan tertinggi berada di tangan presiden, bukanlah berada di tangan rakyat.

puisi mengatakan...

Nama : Yohanes Febrianto
Kelas : XII IPA 5
No : 45

sanggahan wacana 5
Menanggapi kasus yang diangkat oleh penulis dalam artikel tersebut, ada beberapa hal yang menurut saya dapat dan perlu disanggah demi pelurusan data dan fakta yang sebenarnya di masyarakat. Penamaan odong-odong sebagai sebuah oase perkotaan tampaknya hanya berlaku untuk sebagian dari seluruh. Dalam pengangkatan sebuah judul yang menjadi daya tarik utama, ada baiknya mengangkat penamaan yang berlaku untuk seluruh bukan sebagian untuk seluruh. Penulis dalam mengutarakan ide dan pendapatnya tentang odong-odong cenderung tidak netral karena terkesan lebih memukanya dibandingkan beragam alternative permainan bagi anak-anak lainya.
Mengenai pemanfaatan odong-odong sebagai permainan yang bagaikan oase sebagaimana diutarakan oleh penulis tampaknya tak tepat dalam fakta yang terjadi di masyarakat. Odong-odong identik dengan permainan bagi kalangan bawah dan kurang mampu, sebab mereka tidak mampu untuk memainkan mainan yang lebih memiliki kasta tinggi. Sehingga kecenderungan social akan terjadi bawa anak-anak yang bermain odong-odong akan dinilai kampungan atau tidak sederakat. Selain itu, permainan seperto odong-odong juga tidak memberikan pendidikan bagi anak-anak. Mereka hanya sekedar bermain tanpa memperhatikan aspek social apa yang bisa diambil, memang pada usia seperti itu anak-anak hanya bermain untuk bermain atau “play just for play” tapi setidaknya apapun dan sekecil apapun bentuk permainanya harus tetap memberikan manfaat pendidikan bagi anak-anak. Sedangkan odong-odong cenderung hanya memberikan permainan tanpa pengetahuan dan pembelajaran. Anak-anak juga menjadi egois dan memaksa orang tua mereka untuk menggunakan odong-odong sebagaimana dipaparkan penulis.
Fakta lain juga bahwa eksistensi odong-odong kurang diminati, sebab pemakaiannya yang terlalu abstrak dan pola permainan yang meniru permainan di mall. Sehingga di sini saya dapat memberikan sanggahan konkret bahwa penempatan odong-odong sebagai oase kota tidak cocok, karena sejatinya odong-odong itu sendiri hanyalah plagiat dari permainan di mall, dan akan lebih baik apabila orang tua memberikan permainan yang mendidik sekaligus menghibur seperti kotak angka, puzzle atau permainan tradisional lainnya yang mengajarkan nilai moral.

puisi mengatakan...

(lanjutan)
Nama : Yohanes Febrianto
sanggahan topik 6
Menanggapi kasus yang diberikan pada topic nomor 6 ada beberapa hal yang menurut saya perlu disanggah dan menjadi bahan perenungan bagi semua pihak temasuk penulis. Pada konteks ini kita tidak akan terlali membahas hobi penulis dalam mengoleksi lagu-lagu cinta tetapi akan lebih terfokus pada cara piker dan pandangnya. Di sini penulis terlihat terlalu terobsesi dalam mengumpulkan lagi over and over tersebut. Kecenderungan seperti itu akan memberikan dampak negative bagi dirinya sendiri. Faktanya hampir kebanyakan orang yang menyukai lagu tertentu hanya akan merasa terbuai oleh lagu itu tidak lebih dari satu bulan, ini adalah kecenderungan pribadi social manusia yang cepat mengalami kebosanan. Pandangan penulis terhadap makna kata cinta kuga terlalu hiperbola dalam artikel tersebut. Karena pada dasarnya cinta itu sendiri bersifat kompleks dan abstrak sehingga tidak bisa dilakukan penafsiran atas dasar kepentingan pribadi. Pandangannya terhadap sang penyanyi juga amat hiperbola, penilaian terhadap bagus tidaknya suara seseorang bersifat relative, sehingga cenderung mengalami perbedaan penafsiran. Masalahnya pengguanaan kata suara emas dalam tulisannya dapat memicu opini public, lalu jika public yang dipersuasi oleh tulisan itu mendengar contoh lagu kemudian tidak puas akan dapat menghadirkan kekecewaan bahkan pada penulis itu sendiri.
Intinya lagu adalah lagu, hanya sebatas dendang penghibur batin yang dikaitkan dengan perasaan seseorang yang mendengarnya. Sehingga amatlah terlalu berlebihan untuk menuliskan sebuah pencarian lagu dalam sebuah surat kabar atau media tertulis lainnya. Sebaliknya masyarakat awam cenderung sudah mulai muak dengan lagu-lagu yang terlalu dan selalu dibumbui dengan cinta dalam kadar berlebih, sebab seperti yang dikatakan tadi bahwa manusia juga mempunyai batas kebosanan. Masyarakat sebaiknya tidak terlalu dibutakan dengan bumbu cinta yang menggelora, sebab pada hakikatnya semua hanyalah kamuflase untuk menarik rupiah demi rupiah dari tangan masyarakat. Kita harus dapat berpikir jernih bahwa sebagai insane muda yang cerdas dan pendidikan jangan mau dibuai dengan pesona cinta, sebab cinta itu relative, ketika kadar morfin yang dihasilkan oleh cinta dalam otak kita habism semuanya lenyap. Penulis harus dapat membedakan mana yang disebut sebagai obsesi dan kesukaan, sebab bila didilik secara kualitatif, penulis cenderung terlalu terobsesi, baik pada lagu itu sendiri maupun pada penyanyinya.

Fernando XII IPA 5 / 20 mengatakan...

Nama : Fernando
Kelas/no.absen: XII IPA 5 / 20

Wacana 3 : Zikir Pengiring Acara Kontes Bikini

Sanggahan:
Menanggapi wacana yang dibuat oleh bocahndeso tersebut, ada beberapa hal yang harus disanggah agar tidak menimbulkan hal - hal yang kontroversial.
Menurut saya , memang sekilas benar bahwa bikini two pieces akan membuat peluang menjadi Miss Universe akan lebih besar dibandingkan dengan menggunakan bikini one piece,tetapi bila kita lihat lebih rinci tentang cara-cara Penyelenggara menentukan siapa yang akan menjadi miss universe sangatlah rumit.Dilihat dari juri,banyak sekali juri-juri yang menilai performa-performa para gadis-gadis dari seluruh dunia ini tidak melihat keseksian dari peserta,dan juga juri-juri tersebut bekerja di bidang yang berbeda-beda walaupun masih ada hubungan satu sama lainnya. Selain hal itu, kriteria - kriteria yang diperhitungkan di Miss Universe juga tidak memprioritaskan pakaian apa yang membalut tubuh cantik dari para Miss-Miss itu, melainkan kecerdasan,kecantikan luar maupun kecantikan dalam,kemampuan mereka dan visi serta misi yang jelas untuk membangun dunia ini lebih baik lagi.

----------------------------------------------------------------------
Wacana 8 :Obama Pro rakyat,Pengguna internet bersorak !

Sanggahan:
Melihat kasus yang diangkat oleh penulis dalam artikel tersebut, ada beberapa hal yang menurut saya perlu untuk disanggah demi tidak terjadinya kesalahan pemahaman di masyarakat luas. Sangatlah terlalu cepat bila kita sudah langsung memvonis bahwa operator operator telkom raksasa seperti AT & T Inc,Verizon Communications and Spirit Nextel Corp akan mengalami penurunan keuntungan yang mereka peroleh karena jaringan internet yang sudah digratiskan.Menurut saya,masih banyak cara operator-operator telkom itu untuk mencegah matinya bisnis yang telah menghasilkan keuntungan yang besar itu,mereka dapat menaikkan tarif telepon dalam maupun luar negeri untuk menutupi keuntungan yang diterima di fitur SMS.Selain dengan cara menaikkan tarif telepon,para operator telkom ini juga bisa menurunkan tarif SMS seoptimal mungkin untuk mencegah para pelanggan pindah ke fasilitas internet gratis yang lebih sulit digunakan untuk saling berkomunikasi dalam bentuk percakapan teks.

Unknown mengatakan...

Nama : Jimmy
Kelas : XII IPA 5
No : 26

*Wacana 3: Zikir pengiring Acara Kontes Bikini.
Saya tidak sependapat dengan adanya ajang berbusana bikini, karena negara di bagian Timur terutama negara Indonesia, sangatlah mementingkan norma – norma, baik norma agama maupun norma sosial. Kita sebagai orang Timur sangat menjaga moral dan martabat bangsa, sangat berbeda dengan negara barat, yang menganggap bahwa menggunakan bikini dalam ajang miss universe merupakan hal yang sudah biasa dan lazim, berbeda dengan negara Timur, khususnya Indonesia yang sangat ANTI menggunakan bikini, karena mayoritas penduduknya beragama muslim, selain itu, bikini di Indonesia hanya dipakai pada saat kegiatan berenang, bukan untuk ajang kontes, karena seperti yang diutarkan diatas, negara Indonesia merupakan negara islam yang sangat mementingkan kaidah – kaidah agama, yang mewajibkan umatnya tidak boleh membuka aurat dengan terlihatnya bagian – bagian tubuh tertentu. Seperti halnya Qory dari Aceh, Aceh merupakan Provinsi yang sangat menjunjung tinggi nilai – nilai islam, selain itu mayoritas penduduk di provinsi Aceh kebanyakan beragama Islam. Qory mengatakan bahwa mendapat izin dari pemda setempat untuk membuka jilbab hanya untuk kontes Miss Indonesia,tetapi pada faktanya beberapa hari lalu pada berita, ia menegaskan bahwa ia pemda setempat tidak tahu akan Qory yang membuka jilbab, sehingga tidak mungkin pemda setempat telah memberi izin kepada Qory. Pada pakaian jilbab saja jika ia lepas, pasti banyak kontroversi tentang kebohongannya, apalagi ia mau mengikuti kontes bikini, pasti banyak yang tidak setuju dan melarangnya.

-----------------------------------

*Wacana 8: Obama Prorakyat, Pengguna Internet Bersorak!
Saya sepenuhnya tidak setuju dengan pendapat Barack Obama yang akan mengeluarkan kebijakan akan menggratiskan atau menjadikan jaringan nirkabel itu “open secure”. Memang internet gratis mengurangi beban biaya dan dapat digunakan untuk tatap muka dalam dunia maya serta dapat berkomunikasi lewat suara via Internet, tetapi kita harus memikirkan dampak negatifnya,yaitu jika internet lebih banyak digunakan dibandingkan pihak telekomunikasi,maka perusahaan telekomunikasi lama kelamaan pelanggan setianya pasti akan pindah kepada provider internet yang gratis, sehingga pendapatan dari perusahaan akan menurun, dan pasti pengangguran akan banyak terjadi, karena pihak telekomunikasi pasti melakukan pengurangan tenaga kerja, sehingga pengangguran pasti akan meningkat, selain itu jika internet menjadi komunikasi utama, pasti akan meningkatnya kejahatan kriminal ( Cyber Criminal ) yang dapat melakukan pembajakan data komputer, penghancuran data komputer, serta dapat mensadap telekomunikasi yang kita lakukan. Juga data – data perusahaan dapat diretas dengan mudah oleh hacker – hacker yang kurang bertanggung jawab yang melakukannya atas dasar iseng maupun atas dasar perintah dari orang.

Unknown mengatakan...

Nama : Jimmy
Kelas : XII IPA 5
No : 26

*Wacana 3: Zikir pengiring Acara Kontes Bikini.
Saya tidak sependapat dengan adanya ajang berbusana bikini, karena negara di bagian Timur terutama negara Indonesia, sangatlah mementingkan norma – norma, baik norma agama maupun norma sosial. Kita sebagai orang Timur sangat menjaga moral dan martabat bangsa, sangat berbeda dengan negara barat, yang menganggap bahwa menggunakan bikini dalam ajang miss universe merupakan hal yang sudah biasa dan lazim, berbeda dengan negara Timur, khususnya Indonesia yang sangat ANTI menggunakan bikini, karena mayoritas penduduknya beragama muslim, selain itu, bikini di Indonesia hanya dipakai pada saat kegiatan berenang, bukan untuk ajang kontes, karena seperti yang diutarkan diatas, negara Indonesia merupakan negara islam yang sangat mementingkan kaidah – kaidah agama, yang mewajibkan umatnya tidak boleh membuka aurat dengan terlihatnya bagian – bagian tubuh tertentu. Seperti halnya Qory dari Aceh, Aceh merupakan Provinsi yang sangat menjunjung tinggi nilai – nilai islam, selain itu mayoritas penduduk di provinsi Aceh kebanyakan beragama Islam. Qory mengatakan bahwa mendapat izin dari pemda setempat untuk membuka jilbab hanya untuk kontes Miss Indonesia,tetapi pada faktanya beberapa hari lalu pada berita, ia menegaskan bahwa ia pemda setempat tidak tahu akan Qory yang membuka jilbab, sehingga tidak mungkin pemda setempat telah memberi izin kepada Qory. Pada pakaian jilbab saja jika ia lepas, pasti banyak kontroversi tentang kebohongannya, apalagi ia mau mengikuti kontes bikini, pasti banyak yang tidak setuju dan melarangnya.

-----------------------------------

*Wacana 8: Obama Prorakyat, Pengguna Internet Bersorak!
Saya sepenuhnya tidak setuju dengan pendapat Barack Obama yang akan mengeluarkan kebijakan akan menggratiskan atau menjadikan jaringan nirkabel itu “open secure”. Memang internet gratis mengurangi beban biaya dan dapat digunakan untuk tatap muka dalam dunia maya serta dapat berkomunikasi lewat suara via Internet, tetapi kita harus memikirkan dampak negatifnya,yaitu jika internet lebih banyak digunakan dibandingkan pihak telekomunikasi,maka perusahaan telekomunikasi lama kelamaan pelanggan setianya pasti akan pindah kepada provider internet yang gratis, sehingga pendapatan dari perusahaan akan menurun, dan pasti pengangguran akan banyak terjadi, karena pihak telekomunikasi pasti melakukan pengurangan tenaga kerja, sehingga pengangguran pasti akan meningkat, selain itu jika internet menjadi komunikasi utama, pasti akan meningkatnya kejahatan kriminal ( Cyber Criminal ) yang dapat melakukan pembajakan data komputer, penghancuran data komputer, serta dapat mensadap telekomunikasi yang kita lakukan. Juga data – data perusahaan dapat diretas dengan mudah oleh hacker – hacker yang kurang bertanggung jawab yang melakukannya atas dasar iseng maupun atas dasar perintah dari orang.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Nama :Frengky Christianto
Kelas : XII IPA 5
No. Absen : 23

Tanggapan wacana 3 “Zikir pengiring Acara Kontes Bikini” :

Saya sanagat tidak setuju denagn apa yang akan dilakukan oleh Qory Sandioriva karena dia berasal dari Provinsi Aceh Naggroe Darusallam yang dijuluki sebagai Serambi Mekkah. Seperti yang kita ketahui bahwa Aceh sendiri bermayoritas Islam. Di sana seluruh perempuan beragama Islam diwajibkan untuk mengenakan jilbab dan pakaian yang tertutup oleh karena itu hal yang akan dilakukannya bukanlah sesuatu yang Theologis.
Lalu, Qory ingin mengikuti kontes wanita tercantik di dunia yang lebih dikenal dengan nama Miss Universe. Ketika mengikuti kontes ini, para kontestan tidak bisa menghindari untuk tidak menggunakan bikini, baik one piece atau two pieces yang dapat dipilih salah satunya. Namun hal ini sangat tidak pantas karena ia sendiri berasal dari Aceh. Hal yang akan dilakukannya itu tentu saja bisa melecehkan Serambi Mekkah dan membuat marah Syariat Islam.
Melepas jilbab saja tidak boleh apalagi mengenakan bikini, tentu saja sangatlah tidak pantas.
Menurut saya, Qory itu jangan mewakili Provinsi Aceh melainkan dari Jakarta saja karena dia adalah mahasiswi yang berasal dari Universitas Indonesia, hal ini tentu tidak mengundang masalah seperti itu.
Zikir itu adalah mengigat kepada Allah. Pada persoalan ini Zikir tidak pantas dilaukan karena hal yang mengandung pornografi ini tidak pantas di hadapan Allah terutama penganut Agama Islam.

Rabu, 28 Oktober 2009

Novianti Dewi Astri (36) mengatakan...

Nama: Novianti D.A.
Kelas/nomor: XII IPA 5/36

Wacana 4: Baru Aku Tahu Namamu, Miyabi… Tapi, Aksimu?

Sanggahan:
Saya kurang setuju dengan penulis yang menentang kedatangan Miyabi ke Indonesia.
Menurut saya, permasalahan tentang Miyabi datang ke Indonesia tidak perlu dibesar-besarkan. Memang sosok Miyabi dikenal sebagai bintang porno "papan atas", tetapi kedatangan Miyabi ke Indonesia hanya sebatas untuk menjadi pemeran dalam film ber-gendre komedi, bukan untuk bermain film "panas". Mengapa harus di besar-besarkan, hingga melakukan demonstrasi? Kita tidak dirugikan dengan kedatangannya, justru akan menambah devisa negara kita. Lagipula, film tersebut tidak mengandung unsur-unsur pornografi.

Semua tergantung dari cara masyarakat Indonesia memandangnya, jika masyarakat berpola pikir negatif, maka jelas akan menolak kedatangan Miyabi, tetapi jika masyarakat berpola pikir positif, tentu akan melihat apa yang akan didapatkan Indonesia nantinya, bukan sebuah "popularitas murahan" seperti yang ditulis oleh penulis, melainkan devisa negara yang bertambah dan kemajuan dunia per-film-an Indonesia.




Wacana 7: Jangan Salahkan Qory Sandrioriva, Dia Hanyalah Korban....

Sanggahan:
Saya kurang setuju dengan apa yang dikemukakan penulis.
Maaf sebelumnya karena saya memang hanya sedikit mengerti mengenai agama Islam khususnya tentang jilbab yang dipakai kaum hawa.

Tetapi, menurut saya, Qory bukanlah korban karena ia melepas jilbabnya dengan sadar.
Kita juga tidak mengetahui apakah dalam kehidupan sehari-hari ia memakai jilbab atau tidak.
Mungkin saja, ia memakai jilbab karena suatu keharusan bagi Puteri Aceh untuk memakai jilbab. Maka, pada ajang Puteri Indonesia 2009, ia berani melepas jilbabnya, karena ia merasa tidak siap untuk memakai jilbab, kita tidak boleh asal menuding Qory, sebab ia pasti memiliki alasan mengapa ia melepas jilbabnya.
Kita harus bisa berpikir positif.
Lagipula perempuan yang memakai jilbab belum tentu lebih beriman daripada yang tidak memakai jilbab.

Unknown mengatakan...

Nama : Frengky Christianto
Kelas : XII IPA 5
No. Absen :23

Wacana 8
Tanggapan:
Menurut saya seharusnya Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama tidak berpidato seperti itu. Karena apabila fasilitas internet digratiskan tentu saja akan merugikan banyak pihak, contohnya perusahaan Telkom raksasa seperti AT & T Inc,Verizon Communications and Spirit Nextel Corp
tentu saja akan bingung denagn bagaimana cara yang akan dilakukan mereka untuk mendapatkan untung. Padahal mereka sendiri meraup keuntungan dari pulsa yang konsumen habiskan saat SMS-an maupun telponan. Hal ini tentu akan memberikan dampak negatif sekali bagi mereka yang sangat menguntungkan bagi konsumen. Mereka tidak perlu lagi menghabiskan pulsa karena dapat menggunakan fasilitas seperti Skype dan Google Voice yang hanya menggunakan akses nirkabel atau yang kita kenal dengan internet. Hal ini dapat membuat konsumen tidak lagi menggunakan fasilitas SMS yang bagi mereka sudah ketinggalan zaman. Bukan hanya itu, telponan pun tidak akan digunakan lagi karena sudah ada Google Voice.
Hal ini juga dapat berpengaruh buruk bagi generasi muda yang dipermudahkan untuk saling berhubungan yang hampir tidak ada batas karena murah, sehingga mereka akan lupa bahwa tugasnya adalah belajar. Tentu mereka akan menghabiskan waktu berjam-jam dengan alat komunikasi mereka masing-masing.
Menurut saya, seharusnya Presiden tidak berpidato sebagaimana yang dilansirkan karena banyak memberikan aspek negatif.

emil eviliana mengatakan...

Emil Eviliana
XII IPA 5/17
2. Bercinta Pun Takut Dibilang Salah
Menurut saya, pria dalam konteks kasus tersebut mempunyai pandangan atau pikiran picik. Ia hanya memandang untuk kepuasan biologisny saja. Saya kurang setuju dengan sikap pria ini dalam menangani masalahnya, karena sebagai imam dan kepala keluarga yang baik sudah semestinya menangani problema – problema yang muncul dalam rumah tangganya. Bukan hanya lari untuk menghindar sesaat. Ini bukan ciri pria tangguh. Sebagai kepala keluarga, pria bukan hanya dituntut bisa menafkahi keluarga dengan bekerja banting tulang, namun ia harus mampu memimpin dan membimbing anak istrinya agar tercipta hidup yang harmonis baik di dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar.
Dalam konteks kasus ini,sang pria mempunyai istri yang mempunyai sifat agresif dan ambisius. Sebenarnya dalam situasi ini pun terdapat sisi positifnya. Biasanya wanita yang memiliki sifat agresif dan ambisius tinggi adalah wanita yang mampu terjun dalam dunia bisnis dan mempunyai daya saing yang tinggi pula. Mengapa tidak pria ini mencoba melakukan pendekatan secara halus kepada istrinya. Bicarakan semua masalah dengan baik. Semua wanita mempunyai sisi hati yang peka dan halus, wanita ingin dimengerti. Jika telah menemui titik terangnya, berikan padanya usul untuk mencoba menggeluti dunia bisnis atau jadikan ia sebagai motivator dalam mencari nafkah dengan sifatnya yang ambisius.
Saya juga menangkap kesimpulan sementara dari gambaran kasus tersebut, bahwa istrinya mengalami suatu depresi atau tekanan batin yang bisa disebabkan mungkin dari kejenuhannya dalam mengerjakan aktivitas di rumah atau mungkin ketidakpercaya diriannya dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Ada tipe kaum hawa yang tidak menyukai kondisi lingkungan ibu – ibu yang khas dengan “bergosip” sehingga ia pun menarik diri dari lingkungan sekitar dan alhasil ibu – ibu lain pun mulai mempergunjingkannya yang sebetulnya mereka berharap agar ia pun juga bisa bergabung dengan mereka. Sebagai suami, pria ini seharusnya bukan cuek saja, dengan alasan takut dibilang salah atau apapun alasannya,pria ini harus bisa mendengar semua unek – unek istri dan mencarikan solusi terbaik.
Saya pun setuju kalau mereka menggunakan jasa psikolog untuk menyelesaikan masalah - masalah yang ada. Namun, alangkah baiknya jika dibicarakan dulu berdua dari hati ke hati.Tidak ada satu pun kaum hawa yang tidak luluh hatinya jika prianya berbicara dengan tutur kata halus dan bermanfaat bagi dirinya. Sisi positif pertama yang bisa didapat adalah mereka dapat mempererat kembali hubungan suami istri, dan sisi positif kedua yang bisa didapat adalah mereka tidak merogoh kocek untuk jasa psikolog.
Seperti kalimat motivasi dari salah satu motivator ternama,Mario Teguh:”Stand by Me, berdirilah di sampingku, agar aku dapat melihat masa depan dari kamu yang berdiri di sampingku, karena aku sedang memantaskan diriku bagi yang akan kucapai”. Kalimat motivasi dari Bapak Mario Teguh di atas pun cocok untuk kasus ini. Pria tersebut harus bisa mengajak istrinya untuk berdiri di sampingnya agar bisa memperoleh masa depan yang lebih cerah lagi bersama anak – anak mereka.Dan ini pun dimulai dari perubahan diri sendiri dan mulailah untuk berbicara dari hati ke hati.

emil eviliana mengatakan...

9. KD Sang Diva dalam Cobaan
Emil Eviliana XII IPA 5/17
Menanggapi kasus KD Sang Diva Indonesia yang tidak asing lagi di telinga kita, saya mempunyai pandangan bahwa tindakan KD sangatlah keliru. Sebagai artis bahkan Diva Indonesia tidaklah pantas berbuat demikian, dan ini juga tidaklah pantas dilakukan oleh seluruh istri di muka bumi ini untuk melakukan perselingkuhan. Dengan berselingkuh, artinya suatu pasangan telah mengkhianati ikrar suci untuk sehidup semati di hadapan Tuhan dan orang yang berselingkuh sama saja dengan berbuat dosa.
Dan saya pun tidak setuju dengan judul konteks masalah yang mengatakakan bahwa KD dalam cobaan. Hal ini dikarenakan dalam kasus tersebut KD bukan dalam posisi difitnah. KD yang selingkuh ini pun menunjukkan aksinya di depan anak –anaknya yang masih belum menginjak masa remaja. Anak – anaknya pun mengakui semua kebenaran yang ada. Sebagai publik figur dan seorang ibu sangatlah tidak etis untuk melakukan hal tersebut, karena hal tersebut dapat mengganggu perkembangan anak dalam memasuki tahap menuju kedewasaan. Selain itu, dampak yang lebih buruk adalah karir KD yang akan terperosok.
Sebagaimana yang kita tahu, karir publik figur Indonesia akan merosot jika mereka diterpa gosip miring seputarnya dan akan lebih merosot lagi jika gosip tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Tidak seperti publik figur negara lain yang karirnya tidak terpengaruh oleh gosip miring. Hal ini dikarenakan tidak semua rakyat Indonesia yang menjadi penggemar seorang publik figur hanya melihat dari penampilan dan suaranya, namun juga melihat dari moral etika publik figur tersebut.
Menurut saya, tindakan KD merugikan image para diva yang ada dengan sepak terjang yang tidak baik. Apalagi dengan gelar hajah yang telah disandangnya, sudah semestinya ia menjadi panutan yang baik. Seperti yang kita ketahui, budaya kita yang masih kental dengan adat istiadat timur yang mengharamkan adanya perselingkuhan. Ini menambah deretan gambaran suram mengenai kehidupan diva yang telah menyandang nama besar. Dan hal ini pun tentunya merusak citra seorang ibu yang seharusnya menjadi panutan bagi putra – putrinya malahan menjadi aib bagi keluarga. Tentunya, jiwa anak – anak yang masih rentan dan labil akan sangat terpukul, jika tidak berada dalam pengawasan dan bimbingan moril yang ketat, maka tidak menutup kemungkinan anak – anak KD akan terjerumus dalam dunia narkotika sebagai tempat pelariannya. Atau bisa juga anak – anak KD akan menutup diri dari pergaulan yang akan menjuru pada depresi yang hebat.
Ternyata, tidak semua diva yang sukses dalam dunia gemerlap panggung, akan sukses pula dalam bahtera rumah tangga. Namun. Kita jangan beranggapan bahwa semua diva Indonesia hanya sukses di dunia keartisannya. Kita patut acungkan jempol dan profisiat bagi kesuksesan sahabat KD bahkan salah satu diva Indonesia yang sukses dalam menjalani bahtera rumah tangga.
Dari kasus ini, bagi yang akan menempuh bahtera rumah tangga dapat mengambil pelajaran yang amat berharga, bahwa walaupun kita sukses dalam karir kita, sebagai seorang istri, kita harus menghargai dan menghormati suami kita,selain sebagai imam, kepala keluarga, ayah dari anak – anak, ia pun juga teman kita dalam suka dan duka.Kita tidak boleh melupakan kodrat kita sebagai wanita, walaupun setinggi apapun profesi kita. Kita harus tetap menjunjung teman hidup kita agar karir dan rumah tangga dapat berjalan seiring agar mencapai hidup yang harmonis sesuai ajaran agama. Dan ini pun juga nasehat bagi mereka yang telah menempuh rumah tangga.

Alviony Evelyn mengatakan...

Nama:Alviony Evelyn
Kelas/no:XII IPA 5/03

Wacana 1:
Saya tidak setuju atas pendapat bahwa Indonesia itu sepatutny menurut agama Islam dan menentang keras tentang gay atau lesbian dan juga perlakuan yang beda antara mereka dengan orang yang non gay ato non lesbian.Karena setiap orang itu diciptakan sama dan sederajat.Kenapa harus dibeda-bedakan hanya karena perbedaan atau penyimpangan perilaku.Adalah hak mereka untuk menyukai seseorang,bukan hal yang bisa diatur begitu saja oleh Negara.Kenapa mereka tidak boleh masuk militer?Apa hanya karena mereka gay atau lesbian?Bagaimana kalau kemampuan mereka jauh di atas orang-orang yang non gay atau non lesbian?Apakah potensi itu harus disia-siakan?Kan tidak.Semua orang itu punya hak yang sama.Bila membedakan seperti itu sama saja dengan membedakan yang mana yang kaya dan yang mana yang miskin.Perlakuan yang beda juga akan menyebabkan pemberontakan bagi kaum-kaum yang bersangkutan.Kita patut mencontoh Amerika karena mereka berani untuk mengatasi masalah itu.Apakah hanya dengan membeda-bedakan bisa menyelesaikan masalah dan akan menimbulkan kemakmuran?Dan juga tidak hanya agama Islam yang ada di Indonesia agama lain juga ada.Semua agama ingin memberikan yang terbaik bagi umatnya.Amerika membiarkan kebebasan bagi mereka untuk mengekspresikan diri.Maka dari itu tiap orang benar-benar punya hak penuh atas dirinya sendiri.Tuhan menciptakan kita bukan untuk membeda-bedakan atau saling mengasingkan.Akan tetapi untuk bersama-sama atau bersatu mengelola bumi.

Wacana 10:
Saya setuju sama tindakan saykoji.Karena setiap kali budaya kita selalu di copy oleh Negara tetangga Malaysia.Padahal Negara tetangga tapi tidak bisa menjaga atau membina hubungan yang baik malah memakan tetangga sendiri.Apa tidak bisa membuat atau mengembangkan budaya sendiri?Masa sebegitu tidak malunya kah?Emang harus dikerasin agar mereka mengerti.Bila tidak mereka akan terus melunjak dan melunjak.Karena mereka menutup sebelah mata dan tidak menghiraukan kita yang memiliki budaya.Dengan mencap budaya orang sebagai budaya sendiri itu sama saja dengan menjiplakApalagi hanya sebuah lagu saja di copy?apa tidak kelewatan?Kenapa tidak menciptakan sendiri saja?Bukankah itu berarti tidak berkemampuan?Memang patut sekali tindakan menyentil Malaysia itu dengan lagu Copy My Style(again).

David mengatakan...

Nama : David
Kelas : XII IPA 5
No : 13

Sanggahan wacana 2 : Bercinta Pun Takut Dibilang Salah

Saya merasa tidak setuju dengan apa yang telah dilakukan oleh sang istri tersebut. Istri pria tersebut sangat berperilaku “tidak normal” selayaknya sosok seorang istri biasanya. Untuk sosok seorang pekerja, ia benar-benar tidak menghargai sama sekali apa yang telah dilakukan oleh orang lain untuk dirinya. Ia hanya semena-mena membentak dan menyalahkan orang yang telah membantunya tersebut. Itu baru perilakunya di lingkungan luar rumah. Untuk sosok sebagai istri, ia tidak memikirkan bagaimana perasaan seorang suami. Ia hanya mewujudkan apa yang diinginkannya tanpa memperdulikan keadaan sang suami. Itu sama saja gagal menjadi seorang istri yang baik. Seharusnya untuk menjadi istri yang baik itu, harus bisa mengerti apa yang diinginkan sang suami. Ia bisa memahami bagaimana keadaan suaminya apakah baik atau buruk. Jika nanti mereka punya anak, bagaimana nasib anak mereka. Pastinya anak-anak mereka tidak terurus. Jikalau terurus, sang suamilah yang berperan banyak dalam mengurus anak mereka.

Sanggahan wacana 9 : KD Sang Diva Dalam Cobaan

Saya sangat tidak setuju dengan apa yang telah dilakukan KD. Ia telah menghancurkan rumah tangga yang dibinanya selama 13 tahun bersama Anang. Seperti yang kita ketahui, untuk membina rumah tangga itu sangat sulit. Apalagi mereka telah menempuh berbagai lika-liku kehidupan selama 13 tahun. Mereka sama-sama merasakan suka dan duka bersama-sama. Atas cinta mereka, dua anak mereka pun lahir ke dunia ini. KD malah melupakan semua itu hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Ia malah berselingkuh dengan orang lain. Dan lebih parahnya, ia berselingkuh di depan kedua anaknya. KD adalah seorang diva yang diminati oleh banyak orang terutama oleh penikmat musik Indonesia. Jika ia menyanyi di suatu acara/konser, ia akan mendapatkan berkali-kali lipat bayaran daripada penyanyi biasa. Itu dikarenakan predikatnya sebagai diva. Apalagi yang kurang. Tabungannya mungkin sudah sampai bermiliaran bahkan bertriliunan rupiah. Ia malah berselingkuh dengan orang lain karena sering diberi perhiasan ataupun materi lainnya. Itu sangat tidak etis, hanya karena materi rumah tangga yang dibina selama 13 tahun hancur berkeping-keping.

Mrs.Dee mengatakan...

Nama : Deborah Anggraini Aritonang
Kelas/no. absent : XII IPA 5 / 14


2. Bercinta Pun Takut Dibilang Salah
Oleh Mariska Lubis - 13 Oktober 2009

Menurut pendapat saya seharusnya dari awal sebelum adanya pernikahan, kedua pasangan suami-istri itu wajib mengenal luar dan dalam dari kepribadian pasangannya. Hal ini sangat penting agar nantinya di dalam membina kehidupan berumah-tangga, tidak akan ada kesalahpahaman yang terjadi seperti pada pasangan suami istri ini. Kalau sudah begini si suami seharusnya membicarakan masalah ini dengan pihak ketiga yang lebih berpengalaman di dalam bidang ini seperti psikologis. Namun, alangkah baiknya jika masalah ini dapat diselesaikan antara suami dan istri saja. Jika hal ini dapat diselesaikan hanya berdua saja maka mereka dapat belajar memahami yang seharusnya sudah dilakukan sebelum menikah. Perihal hubungan suami-istri yang layak dilakukan sebagaimana pasangan lainnya, hal ini akan berlangsung dengan sendirinya apabila kedua pihak sudah saling mengenal satu sama lain. Maka pengertian terhadap pasangannya sangat penting di dalam rumah tangga.

9. KD Sang Diva dalam Cobaan
Oleh Suhandi Taman Timur - 12 Oktober 2009

Menurut pendapat saya, alangkah baiknya jika seorang artis dilihat dari kualitasnya bukan dari kehidupan pribadinya. Seperti Elizabeth Rosemund Taylor yang bisa membuktikan kalau dia benar-benar seorang artis yang professional. Dia mampu berdiri setelah mendapat cemooh dari seluruh masyarakat. Memang KD tidak sama dengan Elizabeth Rosemund Taylor, namun sikapnya patut dicontoh. Untuk para pecinta musik seharusnya kita menilai seniman dari karyanya bukan dari kehidupan pribadinya. Kita sebagai masyarakat yang berbudaya seharusnya tidak perlu ikut campur dalam urusan rumah tangga orang lain. Hal ini akan mengakibatkan tidak terusiknya seseorang dari lingkungan kehidupannya bila ia mempunyai masalah.

Angela Astrid mengatakan...

Nama : Angela Astrid Pramesti
Kelas/No. Absen : XII IPA 5/06

Wacana 1 : Indonesia Masih Berorientasi Pancasila?

Saya tidak setuju bahwa pemerintah Indonesia tidak memberikan respon atas pernyataan Presiden Obama mencabut larangan manusia gay memasuki militer atau mendapatkan hak untuk hidup sebagai gay. Karena, setiap manusia itu memiliki hak asasi sendiri, dan itu juga privasi mereka yang saya rasa tidak akan merugikan orang lain selama orang tersebut tidak melakukan hal kriminal pada rekan – rekannya. Seperti yang diungkapkan pada wacana tersebut : ” Manusia gay menuntut seperti halnya yang manusai tidak gay dapatkan. Manusia gay menuntuk hidupnya dilegalkan sebagai manusia gay.” Dan menurut saya, gay atau lesbian bukanlah perbuatan kriminal yang menyebabkan kerugian besar. Gay atau lesbian hanyalah semacam gangguan psikis dan tidak harus dikucilkan. Saya yakin, mereka memiliki bakat dan talenta tersendiri yang malah akan membantu kita.

Selain itu, saya tidak setuju dengan pendapat sang penulis wacana yang mengatakan bahwa Hak Asasi Manusia yang diperjuangkan di Amerika adalah salah, seharusnya HAM itu dilihat dari agama islam. Menurut saya, Hak asasi manusia tidak hanya dilihat dari sisi agama Islam saja, tetapi juga semua agama.

Indonesiaku bukan berarti meniru atau mengikuti Amerika Serikat yang dipimpin Baraq Husein Obama. Tapi Indonesiaku adalah negara yang mau menghargai hak asasi orang lain baik gay maupun lesbian.

-----------------------------------

Wacana 10 : Cara Rapper Saykoji Menyentil Malaysia

Saya sangat setuju dengan sikap yang diambil oleh Saykoji bahwa Saykoji “menyentil” Malaysia dengan cara membuat lagu sindiran. Karena, kita tidak harus menggunakan kekerasan fisik yang malah hanya akan merugikan kedua belah pihak.

Sindiran dalam bentuk lagu ini justru menunjukkan bahwa seniman muda Indonesia merupakan generasi muda yang kreatif dan bersikap positif dan tdak berpikir pendek.

Ini adalah cara membuktikan bahwa Indonesia lebih baik daripada Malaysia, dan kita patut bangga pada generasi muda Indonesia.

Rina mengatakan...

Nama : Rina
Kelas / No. Absen : XII IPA 5 / 39

Sanggahan wacana no.5
“Odong-odong, Sebuah Oase Perkotaan ”

Dari wacana “ Odong-odong, Sebuah Oase Perkotaan ”, saya setuju dengan pernyataan “ Ditengah pertumbuhan jaman yang tak banyak menyisakan cukup ruang bermain bagi si kecil, odong-odong hadir seperti oase ditengah pasir gurun yang kering dan panas ”. Menurut saya, pernyataan tersebut sangat sesuai dengan fakta yang terjadi di masa sekarang.
Dengan Rp 1.000,00 anak – anak dapat mendapat kesenangan walaupun kesenangan itu hanya sesaat hingga seringkali mereka meminta lagi dan lagi. Setidaknya hiburan ini dapat memberikan sebuah hiburan yang pantas bagi umur mereka.
Seperti yang kita tahu bahwa hiburan jaman sekarang kebanyakan diperuntukkan bagi orang – orang dewasa. Hiburan – hiburan tersebut dapat berpa tayangan sinetron, gosip, dan lain sebagainya yang tentunya tidak sesuai dengan umur anak – anak dan dapat membawa dampak negatif bagi mereka. Selain itu, lagu anak – anak juga sangat jarang ditemui. Sekarang, anak – anak bukan menyanyikan lagu anak – anak melainkan menyanyikan lagu band yang menurut saya belum sesuai untuk mereka.
Tentunya hiburan – hiburan tradisional ini akan lebih bermanfaat dan tidak terlalu menguras kantong orang tua.

**********************************************************************************

Sanggahan wacan no.6
“Over and Over”

Saya tidak pernah mendengar lagu “Over and Over” maupun penyanyinya yang dipaparkan pada wacana no.6 tersebut.Seperti yang dituliskan oleh penulis, lagu ini merupakan lagu tahun 1982 dan beruansa cinta. Tentunya saya tidak tahu karena saya tidak terlalu menyukai lagu tahun 80-an.
Berdasarkan tulisan tersebut saya menangkap bahwa penulis pertama kali menyukai lagu “Over and Over” ini karena pengalaman pribadi hingga lagu tersebut dapat membuatnya termehek – mehek.
Selain itu juga terlihat bahwa penulis sangat mengagumi Nana Mouskouri berserta lagu – lagu yang dinyanyikannya. Hal ini terlihat dari caranya menuliskan segala sesuatu mengenai Nana Mouskouri dari lagu – lagunya, cara ia menyanyikannya serta betapa kecewanya saat tidak mendapatkan kaset tersebut.

Frederica Claresta mengatakan...

Nama : Frederica Claresta
Kelas/ No. absen : XII IPA 5 / 22


3. Zikir Pengiring Acara Kontes Bikini
Oleh bocahndeso - 13 Oktober 2009
Sanggahan : Menurut saya, sebagai putri Indonesia yang akan bersaing di acara “Miss Universe” , seharusnya Qory Sandioriva dapat harus menanggung segala yang harus dilakukannya. Dalam acara itu juga, seharusnya pemerintah mendukung usaha yang dilakukan oleh putri Indonesia ini karena dalam kontes kecantikan sedunia inilah. Nama Indonesia dapat terkenal di mata dunia internasional. Berkaitan dengan pemakaian bikini, seharusnya tidak dipermasalahkan karena itu bukanlah pornografi, dan itu merupakan salah satu dari acaranya.

----------------------------------
8. Obama Prorakyat, Pengguna Internet Bersorak!
Oleh Pepih Nugraha - 22 September 2009
Sanggahan : Saya tidak setuju dengan keputusan Presiden Barack Obama yang menggunakan kekuasaan untuk memberlakukan peraturan baru untuk memberatkan pihak lain. Seharusnya keputusan yang akan dibuat didiskusikan dulu dengan pemerintah lainnya dan juga perlu dipertimbangkan apakah keputusan itu berguna bagi semua orang di Amerika Serikat atau hanya untuk kalangan tertentu saja.

Palembang, 28 Oktober 2009

Vinsensius Viktor L. mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Vinsensius Viktor L. mengatakan...

Nama : Vinsensius Viktor Limas
Kelas : XII IPA 5
No. Absen : 43

Wacana 5 “ Odong-Odong, Sebuah Oase Perkotaan”
Saya tidak setuju dengan pendapat penulis di artikel ini. Menurut saya, odong-odong merupakan permainan yang tidak berguna. Odong-odong membuat anak-anak menjadi egois karena mereka pasti saling berebut untuk menaiki dan merebut posisi odong-odong tersebut yang hanya dapat dinaiki oleh empat orang. Selain itu, permainan ini juga tidak mendidik anak untuk belajar sesuatu, melainkan hanya untuk bersenang-senang. Alangkah baiknya jika anak-anak tersebut meluangkan waktu mereka untuk bermain sambil belajar seperti monopoli yang melatih berhitung, puzzle yang melatih kesabaran dan “problem solving”, dan bermain sepak bola yang melatih fisik dan sportivitas. Bermain sepak bola juga mengajarkan anak-anak untuk bersosialisasi dan saling berbagi. Dengan bermain permainan yang bermanfaat ini, anak-anak dapat membentuk karakter diri mereka menjadi pribadi yang baik.
Odong-odong juga membuat anak-anak menjadi manja dan tidak dapat berpikir logis karena mereka menjadi berpikir hanya dengan merengek, mereka dapat mendapatkan yang mereka inginkan. Mereka tidak memikirkan berapa besar biaya yang dikeluarkan orang tua mereka hanya untuk menaiki odong-odong tersebut. Mereka tidak belajar untuk menghargai uang, walaupun Rp 1.000 atau Rp 2.000, berapapun nilainya, itu tetaplah uang yang sangat mereka butuhkan untuk pendidikan mereka kelak.
________________________________

Wacana 6 “ Over and Over”
Dalam wacana ini, penulis mempunyai pandangan yang terlalu fanatik terhadap lagu over and over tersebut. Menurut saya, hal ini merupakan sifat yang tidak baik yang akan berdampak buruk bagi dirinya sendiri. Menyukai sebuah lagu itu boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai terlalu terbuai dengan lagu tersebut. Rasa suka yang “menggila” terhadap lagu over and over tersebut sangatlah tidak wajar yaitu hingga 5 tahun (1982 – 1987) jika dibandingkan dengan fakta di masyarakat yang biasanya memfavoritkan suatu lagu tidak sampai 1 tahun.
Nana Mouskouri memang patut untuk dikagumi dengan talenta berbahasa yang ia miliki hingga 10 bahasa. Tetapi, kekaguman penulis terlalu berlebihan. Seharusnya, Nana Mouskouri menjadi panutan bagi penulis sehingga termotivasi untuk belajar banyak bahasa juga, bukan dengan obsesi mencari lagu-lagunya hingga bertahun-tahun. Bayangkan saja, jika 5 tahun tersebut digunakan penulis untuk belajar bahasa, pasti ia sudah fasih beberapa bahasa tersebut.

adrian dzikrillah mengatakan...

Nama : Adrian Dzikrillah
Kelas/No absent : XII IPA 5/01

Wacana 1 :Indonesia Masih Berorientasi Pancasial ?

Sanggahan : Saya tidak setuju dengan wacana tersebut. Menurut saya, gay harus dikasih hak asasi manusia karena gay juga manusia. Setiap manusia memiliki hak nya masing masing. Saya setuju dengan Obama mencabut peraturan untuk gay agar dapat masuk di militer. Homoseksual memang sangat di larang oleh agama Islam , namun setiap manusia mempunyai hak nya masing masing. Kita tidak dapat mencap bahwa seluruh tindakan gay tidak baik atau negatif. Kita harus memberi kaum gay hak yang sepantas nya ia dapatkan. Tidak salah nya kita memperbolehkan gay untuk ikut militer. Ingat , Islam adalah agama yang tidak mengekang seseorang untuk bertindak apapun.Namun , perbuatan orang tersebut akan di balas di akhirat. Islam mengajarkan kedamaian.

wacana 10 : Cara Rapper Saykoji Menyentil Malaysia

Sanggahan : saya sangat setuju dengan wacana tersebut. Saya telah banyak melihat bahwa negeri tetangga sering menjiplak atau mengcopy budaya dari Indonesia. Saya mengira ini lah saat nya kita sebagai pemuda pemudi Indonesia untuk bangkit membela negara nya. Kita harus sepenuh nya membela Indonesia. Saya sangat setuju dengan penciptaan lagu dari Saykoji tersebut. Saya rasa dengan lagu tersebut, Malaysia akan sadar dengan mendengar lagu tersebut. Sudah banyak budaya kita diambil, seperti reok ponorogo, angklung, batik dan lain lain. Saya rasa kita harus mempunyai hak paten terhadap budaya kita tersebut. Pemerintah harus bertindak cepat agar tidak ada budaya lain yang kita ambil. Saya menilai pemerintah kita agak lambat dalam mengatasi hal tersebut.

wandjez mengatakan...

Nama : Wandi Wijaya
Kelas: XII IPA 5
No. Absen: 45

Sanggahan untuk topik nomor 5. Odong-odong, Sebuah Oase Perkotaan

Berkaitan dengan topik di atas, saya memiliki pendapat berbeda tentang apa yang diangkat oleh penulis. Menurut saya, odong-odong hanya sebuah permainan berskala kecil dalam arti hanya cocok untuk kalangan ekonomi ke bawah. Faktanya, anak-anak yang orang tuanya termasuk kalangan menengah ke atas tidak ada yang mau untuk menaiki permainan tradisional ini. Bagi mereka, permainan semacam odong-odong tidak sepadan dengan status mereka di masyarakat yang terbilang mampu. Permainan yang sepadan bagi mereka seperti wahana-wahana menarik di Ancol, permainan di mall yang lebih menarik dan canggih, atau berbagai macam mainan yang kualitasnya sama dengan harganya yang mahal. Jadi tidaklah pantas apabila kita menyebut odong-odong sebaagai oase perkotaan karena tidak semua kalangan di masyarakat memainkan permainan ini. Namun terlepas dari pendapat yang diutarakan penulis, saya sendiri setuju dengan adanya odong-odong di masyarakat, karena selain harganya murah, odong-odong bisa menghindarkan anak-anak dari tontonan televisi yang sekarang kurang mendidik tidak terkecuali film kartun yang di zaman sekarang banyak mengajarkan “kepintaran” untuk mencelakakan orang lain.

======================================

Sanggahan untuk topic nomor 6. Over and Over

Berkaitan dengan topik di atas, saya memiliki pendapat berbeda tentang apa yang diangkat oleh penulis. Menurut saya, penulis terlalu terobsesi dengan lagu Over and Over karya Nana Mouskouri, idolanya. Penulis terlalu melebih-lebihkan Nana yang dikatakan penulis bersuara “malaikat”. Penulis seharusnya bisa memperkenalkan Nana Mouskouri lebih dalam lagi kepada para pembacanya karena tidak semua orang, termasuk saya pribadi, tahu siapa itu Nana Mouskouri. Pengungkapan yang berlebihan ini belum tentu dapat mempengaruhi hati seseorang untuk ikut menyukai Nana karena tolak ukur penilaian bagus tidaknya seseorang terhadap orang lain berbeda-beda. Kalaupun suka, mungkin hanya sampai satu sampai dua bulan saja karena manusia cepat . Penulis seharusnya bisa memperkenalkan lagi Nana Mouskouri dan karya-karyanya kepada para pembaca dan jangan hanya bisa memuji dan melebih-lebihkan saja.

aulia safira mengatakan...

Nama : R. A. Aulia Safira
Kelas/absen : XII IPA 5/38



Wacana 5
Odong-odong, Sebuah Oase Perkotaan

Yang membuat saya kurang setuju dengan wacana di atas adalah kalimat “odong-odong hadir seperti oase di tengah pasir gurun yang kering dan panas”, kalimat ini seakan-akan menyatakan bahwa pada zaman sekarang ini tidak ada lagi permainan yang menghibur bagi anak-anak, tidak ada lagi tempat bagi anak- anak untuk bermain, padahal pada faktanya, dengan seiring berjalannya waktu dan majunya teknologi justru semakin banyak jenis-jenis permainan yang pasti lebih disukai oleh anak-anak. Sebenarnya, ketertarikan anak-anak untuk bermain odong-odong itu dapat ditinjau dari tingkat ekonomi dalam masyarakat, contohnya saja, anak-anak dari masyarakat menengah kebawah menyukai odong-odong karena itu memang permainan yang diciptakan untuk mereka, sedangkan bagi anak-anak dari masyarakat menengah ke atas, mungkin apa yang disebut dengan odong-odong saja mereka tidak tahu, mereka lebih mengerti permainan modern daripada permainan tradisional seperti odong-odong tersebut. Hal inilah yang membuat saya kurang setuju dengan kalimat tersebut, pada zaman sekarang, anak-anak tidak pernah bermain di luar rumah dan tidak pernah lagi bermain permainan tradisional seperti odong-odong, bukan karena zaman sekarang sudah tidak ada lagi sarana bagi mereka untuk bermain, namun justru karena faktor tingkat ekonomi masyarakat dan sekarang banyak permainan yang lebih menarik daripada odong-odong yang sepertinya sudah ketinggalan zaman.



...................................



Wacana 6
Over and Over

Pada wacana ini saya memiliki pendapat pro dan kontra. Saya setuju dengan kalimat “makna cinta yang tidak semata cinta antara dua insan”, saya setuju karena menurut saya, orang zaman sekarang apabila membicarakan tentang cinta pasti identik dengan dua insan yang sedang jatuh cinta, padahal seharusnya tidak begitu, menurut saya cinta itu adalah ungkapan kasih sayang seseorang yang sifatnya universal, bisa kepada siapa saja, mungkin kepada orang tua, teman, sahabat, keluarga, dan masih banyak lagi, jadi tidak seharusnya kita menganggap bahwa cinta itu hanya untuk dua insan yang sedang jatuh cinta.
Saya kurang setuju dengan cara penulis menceritakan pengalaman hidupnya dalam wacana di atas. Menurut saya, apa yang beliau tulis kesannya melebih-lebihkan, terutama mengenai lagu kesukaannya yang berjudul Over and over tersebut. Memang terkadang pembaca kurang memahami apa yang ingin penulis sampaikan dalam tulisannya sehingga penulis harus menjelaskan sedetail dan sejelas mungkin, seperti pada wacana di atas dimana penulis mencoba untuk menjelaskan kecintaannya pada lagu Over and over itu. Namun apabila penulis menjelaskan secara berlebihan tentu pembaca juga akan enggan untuk tertarik, apalagi lagu yang diceritakan dalam wacana ini terasa asing di telinga para pendengar lagu di Indonesia hingga orang tidak tertarik untuk membacanya.

Peniel mengatakan...

Nama : Peniel Benammi Tarigan
Kelas : XII P 5
No absen : 37
No wacana : 5 dan 6

Wacana 5 : Odong-Odong, Sebuah Oase Perkotaan
Saya yakin dan berpendapat bahwa kurangnya persediaan sarana dan prasarana ruang bermain bagi anak-anak pastinya telah menyebabkan berbagai permasalahan yang serius dan kompleks terutama bagi keluarga. Perkembangan dan pembangunan daerah terutama di daerah perkotaan yang semakin merajarela menjadi salah satu faktor penyebabnya. Contoh seperti maraknya pembangunan rumah toko(ruko) bak jamur di musim hujan. Tak usah jauh-jauh mencari fakta atau evidensinya, di sekitar rumah saya pun sudah banyak sekali di bangun rumah toko yang tinggi. Bisa di bilang mereka seperti ingin mengepung rumah saya saja. Namun, bukan maksud saya memprotes pembangunan rumah toko yang semakin menggila ini, hanya saja berkaitan dengan permasalahan utama tadi yakni kurangnya ruang bermain bagi anak-anak, hendaknya pemerintah sebagai pemegang keputusan bisa mencari solusi terbaik untuk merespon masalah ini. Pemerintah lah yang berperan penting dalam mencari jalan tengah atas permasalahan ini. Odong-odong bukanlah salah satu solusi terbaik. Banyak permasalahan baru yang timbul. Lagipula, odong-odong ada bukan karena aksi dari pemerintah kan?. Justru saya melihat bahwa akan jauh lebih baik jika anak-anak di beri ruang bermain seperti taman bermain sehingga mereka dapat bermain di sana. Hal tersebut lebih memberi dampak positif bagi perkembangan anak. Di taman, mereka bisa bermain bersama teman mereka yang cenderung akan menuntut interaksi dan dengan harapan mereka bisa lebih kreatif di banding hanya duduk di atas odong-odong. Anak-anak kecil tersebut akan lebih bebas bergerak dalam berekspresi. Lebih jauh lagi, orang tua hanya perlu meluangkan waktunya bersama anak-anak ketimbang naik odong-odong yang harus bayar terus menerus. Orang tua pun bisa bermain bersama anak-anaknya seperti bermain bola kaki bersama. Toh bisa jadi dan ada kemungkinan juga anak-anak kecil itu punya bakat dalam olahraga, siapa tahu suatu saat nanti dia bisa menjadi juara?. Mereka juga bisa lebih sehat karena mereka bisa sampai puas mengekspresikan diri hingga bosan dan lelah di area taman tersebut. Jadi, peran pemerintah lah yang amat penting dalam hal ini untuk mengatur bagaimana sebaiknya tata ruang dalam pembangunan sebuah daerah yang memikirkan pula tempat masyarakat bersosialisasi baik sesama keluarga masing-masing maupun sesama orang lain.











Wacana 6 : Over and Over
Dari sudut pandang saya bahwa lagu Nana Mouskouri ini ingin menggambarkan sebuah ketulusan dan keindahan arti cinta. Lagu-lagunya amatlah menginspirasi dengan kata-kata cinta yang menyentuh. Seperti yang ada dalam penggalan lirik lagunya Over and Over yakni Love is forever yang menandakan bahwa cinta amatlah penting dalam kehidupan ini. Cinta yang tulus bisa menjadi sebuah kekuatan dalam menjalani hidup. Seperti penulis ini yang cinta kepada lagu-lagu dari Nana Mouskouri yang selalu memberikan inspirasi dalam hidupnya. Betapa pentingnya mencintai sesama. Betapa bahagia hidup dalam cinta kasih. Saya sependapat bahwa kita hendaknya memperluas makna yang ingin di sampaikan dari lagu Over and Over oleh Nana Mouskouri. Maknanya dapat diperluas menjadi cinta terhadap alam dan lingkungan sekitar. Karena Tuhan mencintai kita, maka kita juga dapat mencintai Tuhan dengan mencintai sesama dan lingkungan sekitar. Dari pendapat penulis kita dapat mengambil beberapa inti dan pesan positif bahwa cintailah sesama dan lingkunganmu seperti engkau mencintai dirimu sendiri.

Anna Stasiana Iskandar mengatakan...

Nama : Anna Stasiana Iskandar
Kelas : XII IPA 5
No.Absen : 07

Wacana 1
Saya setuju bila HAM Amerika diterapkan di Indonesia. Mengapa saya dapar berkata demikian ? Karena menurut saya , seorang guy juga manusia yang mempunyai hak dan asasi dalam hidupnya. Di dalam HAM itupun tidak terdapat perkataan yang mengatakan adanya suatu perbedaan dalam diri pribadi masing – masing. Semua diperlakukan sama dan mempunyai hak yang sama dalam hidupnya. Kita tidak bisa menyalahkan sebelah pihak , yaitu dari segi guy nya saja, kitapun harus melihat dari sisi lain seperti lingkungannya . Banyak guy di berbagai negara. Saya yakin, jauh di dalam lubuk hati mereka masing – masing pun tidak ingin memiliki kelainan seperti itu. Mereka juga ingin mempunyai hidup yang normal sebagaimana orang – orang yang hidup di dunia ini. Itu merupakan keindahan tersendiri jika kita dapat hidup secara normal bersama pasangan hidup kita , bukan seperti guy ataupun lesbi yang hidup bersama antara laki – laki dan laki – laki atau perempuan dan perempuan. Maka dari itu ,menurut saya, HAM yang dibuat oleh Amerika tidak masalah bila diterapkan di Indonesia. Termasuk permasalahan tentang guy yang diperbolehkan masuk dalam militer.

Wacana 10
Sebagai pihak kontra, saya tidak setuju dengan pendapat si penulis berkaitan dengan masalah rapper Malaysia yang menjiplak lagu Saykoji yang berjudul “Tahukah Kau” . Menurut saya, memang hal tersebut merupakan masalah yang harus diperbincangkan lebih lanjut , akan tetapi cara Saykoji menyelesaikan masalah tersebut kurang efektif. Saya berfikir , apakah dengan membuat lagu yang isinya ‘menyindir’ atau melainkan secara to the point memberitahukan kepada rapper Malaysia itu akan membuatnya sadar? Dan apakah dengan seperti itu masalah ini akan selesai? Saya yakin jawabannya tidak. Seperti yang kita lihat , dengan munculnya lagu Saykoji yang berjudul “Copy My Style” itu benar – benar membuat hampir seluruh kalangan membahas masalah tersebut. Bagus, jika rapper Malaysia yang bersangkutan menanggapinya dengan baik. Akan tetapi walaupun begitu , apakah Malaysia akn diam saja meihat nama negaranya menjadi rusak? Mungkin saja Malaysia merasa tersinggung ataupun marah dan kesal dengan Indonesia sehingga mereka memperpanjang masalah tersebut. Maka dari itu menurut saya seharusnya Saykoji dapat memikirkan lebih matang apa yang harus mereka lakukan agar masalah tersebut dapat selesai dan jangan sampai hal tersebut membuat masalah baru.

BoA~FoR^EveR mengatakan...

Nama: Andre Hidayat
Kelas: XII IPA 5
No absen: 5

Wacana 1
Saya sangat tidak setuju dengan pendapat yang dituangkan oleh penulis pada wacana ini.Saat saya membaca wacana ini yang saya dapatkan hanyalah bahwa penulis terkesan hanya ingin mengejek atau merendahkan kaum gay, tidak ada korelasinya dengan judul yaitu "Indonesia Masih Berorientasi Pancasila?"
Lagipula di sini penulis wacana hanya memasukkan 1 pandagannya yang merupaka pandangan dari agama Islam.
Namun tentunya jika penulis benar-benar adalah insan indonesia, ia harus ingat akan semboyan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika-walaupun berbeda tapi tetap satu.
Kalau penulis hanya mengutamakan pandangannya sendiri darimana iya bisa mengaku"cinta Indonesia" atau semacamnya?
Mungkin penulis lupa menyadari bahwa setiap manusia ( termasuk dirinya kalo ia sadar ia manusia) pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.
Justru Tuhan sengaja menciptakan ini agar manusia dapat belajar untuk saling menghargai dan menerima satu sama lain
Semua manusia ada sederajat. Jika penulis mengatakan hal seperti wacana itu bukankah sama saja ia merendahkan kelompok gay tersebut?
Pandangan pribadi penulis ini sungguh tak patut mengingat kita ini berada di suatu dunia dimana terdapat berbagai macam variasi manusia dan kebudayaan.
Jika anda selalu berpandangan negatif, bagaimana dunia ini akan berkembang? Manusia yang diciptakan unik dan berbeda-beda oleh Tuhan tentunya memiliki kemampuan uniknya sendiri yang bermanfaat saat digabungkan bersama manusia-manusia lain.Namun dengan pandangan negatif anda, anda akan kehilangan banyak sekali kesempatan dan hal-hal baik hanya dikarenakan pandangan picik anda.
Saya amat prihatin dengan penulis, sebaiknya jika anda benar-benar terbukti ingin menciptakan dunia yang lebih baik menurut versi anda, ada baiknya anda pertimbangkan dulu bersama teman-teman anda dari berbagai golongan yang berbeda.
Jika si gay tersebut membaca tentang wacana anda tentu dia akan menulis hal yg sama dan berbalik merendahkan anda?
Jawabannya ada pada anda tentunya
Hanya saya menyarankan agar saat membuat wacana semacam ini penulis jangan "lupa daratan" dan tetap sadar bahwa semua manusia itu unik dan berbeda sehingga disebut indah.

Wacana 10
Saya setuju dengan sikap dari Rapper Saykoji yang mampu menghadapi masalah ini dengan kepala dingin,bukannya dengan emosional seperti para demonstran-demonstran yang dengan terang-terangan melakukan aksi-aksi macam membakar Bendera Malaysia.
Saya juga memuji aksi kreatif saykoji dengan menciptakan lagu ba ru yg menusuk perbuatan si "pencuri lagu" tersebut.
Kita tentunya dapat mengambil contoh dari Saykoji bahwa dalam menghadapi masalah-masalah semacam ini.
Tidak dapat kita pungkiri bahwa pencurian-pencurian aset-aset Indonesia oleh Malaysia belakangan ini semakin marak.
Mulai dari pencurian pulau,budaya,seni,dan lain-lain.
Namun seperti yang sudah saya katakan,kita harus menghadapi masalah ini dengan kepala dingin seperti Saykoji, yang sakit hati karena sampai dikhianati temannya sendiri, namun dia tidak melakukan protes fisik maupun protes langsung.
Ada kalanya pemikiran (ide-ide) seseorang itu ratusan kali lebih kuat daripada tindakan fisik ratusan orang.

Anton Halit mengatakan...

menurut saya tidak dipermasalahkan walaupun gay ada di indonesia karena mereka merupakan 2 insan yang menyatu, karena cinta tak memandang umur, kulit maupun harta.
apabila seseorang telah jatuh cinta apapun akan dilakukan nya.
Jadi menurut saya gay tidak jadi masalah bagi indonesia

Kuroneko mengatakan...

Nama : Adrianus Prabowo
Kelas/No. absen : XII IPA 5/ 02

Wacana 1 : Indonesia Masih Berorientasi Pancasila?

Saya tidak setuju dengan artikel ini. Apa yang disampaikan hanyalah berupa ejekan-ejekan kepada Amerika yang menerima gay, serta merendahkan kaum gay. Penulis juga terang-terangan memberikan pendapat berdasarkan agama Islam seperti kalimat berikut "seharusnya HAM dilihat dari agama Islam", padahal setiap manusia memiliki HAM yang sama dan sebaiknya tidak mencampur aduk antara agama dan urusan hukum/negara. Dan apa yang disampaikan serta judul yang tertulis tidak memiliki korelasi sama sekali.

Wacana 10 : Cara Rapper Saykoji Menyentil Malaysia

Saya setuju dengan tindakan yang diambil Saykoji setelah lagu miliknya dijiplak habis kecuali bagian "Ïndonesia Kita Kaya". Apa yang dilakukan Joe Farizal benar-benar kelewatan setelah apa yang dilakuan Malaysia yang ingin mengklaim batik. Apakah Joe Farizal tidak sadar apa yang dilakukannya dapat membuat citra negaranya turun karena hanya bisa menjiplak? Langkah yang diambil Saykoji setelah pengkopian lagunya juga termasuk pintar karena tidak langsung melaporkan ataupun segala sesuatu yang berbau hukum.

Anonim mengatakan...

Best Online Casino Sites
Online Casinos that provide our visitors luckyclub with an exciting and safe gaming experience, we are confident that you will find that a How do I know that online casinos with a license from the United States of America?Does the USA of America offer online casino games?